Gambar Sapardi Djoko Damono Nempel di Google Doodle, Siapa Dia?

Sosok Sapardi Djoko Damono terpampang di Google Doodle hari ini 20 Maret 2023. Itu tak lepas dari peringati ulang tahunnya yang ke-83.

Amaludin
Senin, 20 Maret 2023 | 12:31 WIB
Gambar Sapardi Djoko Damono Nempel di Google Doodle, Siapa Dia?
Mengenal sosok Sapardi Djoko Damono yang ada di Google Doodle. (Google Doodle)

PURWASUKA - Sosok Sapardi Djoko Damono terpampang di Google Doodle hari ini 20 Maret 2023. Itu tak lepas dari peringati ulang tahunnya yang ke-83.

Dalam Google Doodle, terlihat Sapardi Djoko Damono menganakan kacamata dan topi sambil menenteng buku. Namun, apa kalian tahu siapa sosok tersebut?.

Mengenal Sapardi Djoko Damono

Dilansir dari laman Google Doodle pada 20 Maret 2023, Sapardi Djoko Damono merupakan sosok penyair yang merevolusi puisi liris di Indonesia.

Baca Juga:Jokowi soal Kriteria Menpora Baru Pengganti Zainudin Amali: Muda!

Damono lahir pada hari ini di Solo, Jawa Tengah pada tahun 1940. Ia menghabiskan masa kecilnya di perpustakaan membaca setiap buku yang ia dapatkan dan mulai menulis puisi saat bersekolah di SMA Surakarta. 

Setelah mendapatkan gelar bahasa Inggris dari Universitas Gajah Mada, Damono belajar sastra Indonesia di sekolah pascasarjana. Saat bekerja sebagai penyiar radio dan asisten teater selama ini, dia mulai menganggap puisinya lebih serius.

Pada tahun 1969, Damono merilis kumpulan puisi pertamanya, dukaMu abadi. Pada saat sebagian besar penyair Indonesia berfokus pada refleksi dan gagasan masyarakat, debut terobosan Damano mencerminkan kondisi manusia. Karena kesuksesan buku tersebut, Damano diangkat sebagai guru besar sastra di Universitas Indonesia.

Damono menulis tiga kumpulan puisi lagi dengan gayanya yang lugas dan introspektif sebelum ia menerima Penghargaan Penulisan Puisi Asia Tenggara yang disponsori ASEAN pada tahun 1986. 

Berniat untuk mempromosikan bentuk seni di seluruh negeri, ia mendirikan Perhimpunan Cendekiawan Sastra Indonesia dan menjabat sebagai ketua untuk tiga periode berturut-turut. 

Baca Juga:Ratusan Personel Polisi Turun Tangan Bantu Penanganan Bencana Alam di Solok Selatan

Damono juga menerjemahkan karya sastra dari seluruh dunia ke dalam bahasa Indonesia, dengan salah satu terjemahannya yang paling terkenal adalah The Old Man and the Sea karya Ernest Hemingway.

Pada tahun 1994, Damono menerbitkan Hujan Bulan Juni, kumpulan beberapa puisi terbesarnya. Karya ini menginspirasi beberapa musisi untuk membuat komposisi dengan tema serupa. Universitas Indonesia memilih Damono sebagai dekan fakultas dan mengadakan resital puisi pada tahun 2010 untuk merayakan karya hidupnya.

Kemudian dalam karirnya, Damono mendapatkan penghargaan bergengsi termasuk Penghargaan Achmad Bakrie untuk Sastra pada tahun 2003 dan Penghargaan Akademi Jakarta pada tahun 2012. Saat ini, puisinya masih dibaca di seluruh dunia, berfungsi sebagai ode untuk generasi penulis berikutnya.***

Nasional

Terkini

Ada beberapa Kode Redeem FF 27 Mei 2023 atau Free Fire yang dapat kalian klaim untuk main bareng (mabar) teman.

Ragam | 14:09 WIB

Ridwan Ansori bersyukur atas kesepakatan perpanjangan kontrak berdurasi setahun antara dirinya dan Persib.

Ragam | 13:48 WIB

Kabar gembira untuk warga Purwakarta, Anne Ratna Mustika selaku Bupati Purwakarta menginformasikan bahwa perbaikan pipa PDAM yang rusak sudah selesai.

Purwasuka | 13:10 WIB

Dua pemain yang baru saja merampungkan proses naturalisasi, Ivar Jenner dan Rafael Struick akan menjadi kekuatan Shin Tae-yong saat FIFA match day melawan Argentina (19/6/2023) di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Ragam | 12:22 WIB

Satuan Samapta Polres Purwakarta terus gencar melakukan patroli malam hingga menjelang dini hari.

Purwasuka | 11:37 WIB

Mantan Istri Gading Marten, Gisel beri dukungan pada Rebecca Klopper yang terseret kasus video dewasa yang mirip wajah pacar Fadly Faisal tersebut.

Ragam | 09:43 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), secara gamblang menginformasikan prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat (Jabar) pada 27 Mei 2023.

Jabar | 06:31 WIB

Prediksi AC Milan vs Juventus di Serie A Liga Italia 2022-2022 menarik kita ketahui. Ini akan menjadi laga big match di Liga Italia.

Ragam | 06:26 WIB

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menaruh harapan besar pada Borussia Dormund. Ia ingin mantan timnya tersebut bisa juara Liga Jerman 2022-2023.

Ragam | 05:46 WIB

Ada beberapa Kode Redeem FF 26 Mei 2023 atau Free Fire yang dapat kalian klaim untuk main bareng (mabar) teman.

Ragam | 15:05 WIB

Polisi menemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh korban mayat dalam karung.

Metropolitan | 05:39 WIB

Gidion menduga adanya indikasi pembunuhan terhadap korban mayat dalam karung tersebut.

Metropolitan | 23:01 WIB

Mayat tersebut ditemukan dalam kondisi terbungkus karung.

Metropolitan | 20:14 WIB

Pemprov DKI Jakarta menggelar lomba desain ikon Jakarta. Perlombaan tersebut pun kini menjadi sorotan sejumlah pihak, mulai dari para politikus sampai dengan warganet.

Metropolitan | 14:26 WIB

Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi mulai 24 Mei 2023.

Metropolitan | 19:08 WIB

Andre Taulany datang langsung ke Indramayu demi menghindari pernikahan Tono.

Gosip | 09:30 WIB

"Olahraga itu kalau bisa semakin banyak pihak support, akan baik untuk kita," kata Raffi Ahmad.

Gosip | 09:03 WIB

Beni Mulyana kerap membagikan foto saat bersama dengan buah hatinya.

Gosip | 08:45 WIB

Postingan Alshad Ahmad yang gercep disukai Tiara Andini membicarakan soal anak yang baru lahir.

Gosip | 08:30 WIB

Namun Antonio Dedola malah membantah penilaian Lolly, simak selengkapnya berikut ini.

Gosip | 08:00 WIB
Tampilkan lebih banyak