Kemendagri, IPDN dan Dukcapil se Jawa Barat Bekerjasama Buat Dukcapil Goes to Campus

IPDN, Kemendagri dan Dukcapil se Jawa Barat gagas kegiatan Dukcapil Goes to Campus.

Fitri
Jum'at, 20 Januari 2023 | 22:00 WIB
Kemendagri, IPDN dan Dukcapil se Jawa Barat Bekerjasama Buat Dukcapil Goes to Campus
Rektor IPDN Hadi Prabowo (kiri) dengan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh (kanan). (*/IPDN/)

PURWASUKA IPDN, Ditjen Dukcapil Kemendagri dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Dukcapil provinsi, kabupaten dan kota di Jawa Barat bekerjasama menggagas kegiatan Dukcapil Goes to Campus.

Dukcapil Goes to Campus tersebut merupakan kegiatan pelayanan administrasi kependuduka pembuatan KTP digital bagi ASN dan praja di lingkungan IPDN. 

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, kegiatan Dukcapil Goes to Campus ini terlaksana sebagai bentuk pelayanan untuk masyarakat (di lingkungan IPDN). 

Diharapkan dalam kegiatan Dukcapil Goes to Campus ini,  praja sebagai kader pemerintahan bisa menjadi branding baru produk dukcapil.

Baca Juga:IBF: Resesi Global, Investasi Loco London Gold alias Emas Potensial Plus Aman

“Kegiatan ini terlaksana sebagai bentuk pelayanan untuk masyarakat. Kami berusaha lebih proaktif melayani masyarakat dengan mendatangi langsung subjek-subjek yang dirasa perlu mendapatkan pelayanan agar masyarakat mendapatkan kemudahan,” kata dia, Bandung, Jumat 20 Januari 2023. 

Ia menambahkan, IPDN menjadi pilihan Dukcapil dalam melaksanakan kegiatan tersebut, karena IPDN khususnya praja nantinya dinilai dapat bekerja bersama Dukcapil untuk turut serta dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat Indonesia.

“Kita mulai bergerak dari manual menjadi digital, hal ini dilaksanakan demi menuju Indonesia Single Identity Number Digital, dan semoga kegiatan ini dapat memberikan inspirasi kepada seluruh calon-calon aparatur sipil negara untuk bekerja dengan mengaplikasikan sistem digital dalam pekerjaannya,” tambah dia.

Ditempat yang sama, Rektor IPDN Hadi Prabowo menyambut baik kegiatan tersebut dan sangat antusias dengan pelaksanaan Dukcapil Goes to Campus yang dilaksanakan pada 18 hingga 21 Januari 2023.

Tak lupa ia pun memberikan apresiasi yang tinggi kepada Ditjen Dukcapil khususnya kepada Zudan Arif Fakrulloh atas bantuan dan perhatian kepada IPDN.

Baca Juga:Tak Terima Nikita Mirzani Dihujat, Loly Pasang Badan sambil Marah-Marah: Persis Emaknya!

“Terima kasih kepada Prof. Zudan Arif Fakrulloh atas atensinya yang besar terhadap IPDN. Selain pelaksanaan kegiatan ini, sebelumnya berkat ide dan gagasan serta sikap proaktif beliau untuk memajukan pendidikan di IPDN hingga mendapatkan hibah laboratorium Dukcapil,” kata Hadi Prabowo.

“Ini merupakan hal luar biasa yang telah beliau lakukan untuk kami, dengan adanya laboratorium, praja dapat secara langsung mempraktekan teori-teori yang telah mereka dapatkan selama pendidikan. Praja sekarang jadi bisa mempraktekan pembuatan dokumen kependudukan dan catatan sipil,” sambung dia. 

Adanya identitas kependudukan digital akan lebih mudah, karena identitas tidak harus berbentuk e-ktp. Apabila KTP tertinggal atau hilang cukup mengakses aplikasi Identitas Kependudukan Digital.

Praja dan ASN IPDN hanya perlu menyebutkan NIK kepada petugas Dukcapil. Kemudian langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital.

“Nah nantinya para petugas akan membantu proses aktivasi aplikasi tersebut. Selain KTP digital, dalam aplikasi tersebut juga memuat Kartu Keluarga, Kartu BPJS, Kartu Indonesia Sehat dan juga data pemilih pemilu,” ucap dia. *** 

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

Jabar

Terkini

Tampilkan lebih banyak