Dua Perusahaan Jadi Tersangka Kasus Gagal Ginjal Akut, Polisi Ungkap Modusnya

Hal ini diungkap Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Dia menyebutkan, kedua perusahaan tersebut diduga telah memproduksi dan mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standar keamanan konsumsi.

Faqih
Kamis, 17 November 2022 | 23:18 WIB
Dua Perusahaan Jadi Tersangka Kasus Gagal Ginjal Akut, Polisi Ungkap Modusnya
Ilustrasi kasus penyakit gagal ginjal pada anak Indonesia. (freepik)

PURWASUKA - Dua perusahaan ditetapkan sebagai tersangka kasus gagal ginjal akut pada anak oleh Bareskrim Polri. Adapun kedua perusahaan tersebut yakni PT. A dan CV. SC.

Hal ini diungkap Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Dia menyebutkan, kedua perusahaan tersebut diduga telah memproduksi dan mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standar keamanan konsumsi.

Sambung Dedi, penetapan tersangka ini setelah dilakukannya serangkaian pemeriksaan terhadap 41 orang termasuk saksi ahli oleh penyidik Bareskrim Polri. 

"31 orang saksi dan 10 ahli," ucapnya, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga:Ayu Dewi Beri Sinyal Balasan Sindiran Denise Chariesta, Caranya Elegan Publik Salut: Bakul Apem Cari Perhatian

Disebutkannya, perusahaan PT. A diduga sengaja tidak melakukan pengujian terhadap bahan baku zat kimia PG yang juga mengandung EG dan DEG untuk campuran pembuatan obat sirop.

"PT. A hanya menyalin data yang diberikan oleh supplier tanpa dilakukan pengujian dan quality control untuk memastikan bahan tersebut dapat digunakan untuk produksi," ucapnya melansir dari PMJNews.com.

Kemudian juga, PT. A diduga mendapatkan bahan baku tambahan tersebut dari CV. SC. Setelah dilakukan Kerjasama dengan BPOM, di lokasi CV. SC ditemukan sejumlah 42 drum propylen glycol yang setelah dilakukan uji lab oleh Puslabfor Polri mengandung ethylen glycol yang melebihi ambang batas.

"Barang bukti yang diamankan yakni sejumlah obat sediaan farmasi yang diproduksi oleh PT. A, berbagai dokumen termasuk PO (purcashing order) dan DO (delivery order) PT. A, hasil uji lab terhadap sampel obat produksi PT. A dan 42 drum PG yang diduga mengandung EG dan DEG, yang ditemukan di CV. SC," ucap Dedi.

Dedi menuturkan, untuk PT. A selaku korporasi disangkakan Pasal 196 Jo Pasal 98 ayat (2) dan ayat (3) Jo Pasal 201 ayat (1) dan/atau ayat (2) Undang-Undang RI No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, dan Pasal 62 ayat (1) Jo Pasal 8 ayat (3) Undang-Undang RI No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 2 miliar.

Baca Juga:Ngarep Bantuan karena Terlilit Utang, Begini Liburan Jessica Iskandar, dari Dinner Mewah hingga Jelajah Sumba

Sementara untuk CV. SC disangkakan Pasal 196 Jo Pasal 98 ayat (2) dan ayat (3) dan/atau Pasal 60 angka 4 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja Perubahan Atas Pasal 197 Jo Pasal 106 Jo Pasal 201 ayat (1) dan/atau ayat (2) Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Pasal 62 Jo Pasal 8 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Jo pasal 55 dan/atau pasal 56 KUHP dengan ancaman 15 tahun penjara dan denda maksimal Rp 2 miliar.

Dedi menambahkan, adapun rencana tindak lanjut penyidik yakni melakukan pendalaman terhadap kemungkinan adanya dugaan supplier lain PG yang memenuhi standar mutu untuk pembuatan obat ke PT. A dan melakukan pemeriksaan saksi dan ahli, serta melakukan analisa dokumen yang ditemukan.

"Kemudian melengkapi berkas perkara dan melimpahkan ke JPU," pungkasnya.

Nasional

Terkini

Persib siap kembali berkompetisi di Liga 1 2022/2023. Setelah terhenti kurang lebih dua bulan, inilah saat bagi pemain untuk kembali ke lapangan.

Ragam | 19:39 WIB

Namun demikian, apakah keputusan orang nomor satu di Kabupaten Purwakarta itu akan berpengaruh ke karir politiknya ke depannya, begini menurut pengamat politik dan pemerintahan Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) Arlan Siddha.

Purwasuka | 17:21 WIB

Hal ini terungkap dalam unggahan foto Ambu Anne sapaan akrabanya di akun Instagram @anneratna82, Selasa (6/12/2022).

Purwasuka | 16:42 WIB

Bek tengah Persib, Kakang Rudianto sangat bersyukur Liga 1 2022 berlanjut. Sebelumnya, kompetisi sempat ditunda selama dua bulan akibat tragedi Kanjuruhan, 1 Oktober 2022 lalu.

Ragam | 16:41 WIB

Hal ini disampaikan Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana. Dia menerangkan, berdasarkan kajian pakar bahwa solusi satu-satunya yakni merelokasi warga desa ke tempat lain.

Purwasuka | 15:46 WIB

Persib bertolak menuju Yograkarta, Selasa, 6 Desember 2022 pagi untuk menjalani lanjutan kompetisi Liga 1 2022/2023.

Ragam | 15:39 WIB

Timnas Indonesia sudah satu pekan menjalani pemusatan latihan di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar. Kondisi skuad Garuda mengalami kemajuan dan perkembangan positif.

Ragam | 15:27 WIB

Simak profil Dejan Lovren, mantan pemain Liverpool yang namanya mencuat usai bawa Kroasia lolos perempat final Piala Dunia Qatar 2022. Itu terjadi pada 5 Desember 2022.

Ragam | 15:16 WIB

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur mengatakan, sejumlah upaya pencegahan jatuhnya korban bila terjadi sudah dilakukannya. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan mendorong instansi terkait agar menyiapkan langkah antisipasi.

Purwasuka | 14:58 WIB

Dalam video tersebut terlihat sejumlah warga dan juga ada aparat pemerintahan setempat menemukan mayat perempuan di Irigasi KW, Kepuh Karangpawitan-Karawang.

Purwasuka | 14:45 WIB

Kalau bisa dibilang, itu motor yang diambil sumber kehidupannya, kudanya dia..."

Metropolitan | 17:50 WIB

Jaksa menjelaskan percobaan pembunuhan itu berawal dari permintaan Kopda Muslimin untuk menghabisi istrinya.

Metropolitan | 16:05 WIB

Dalam kunjungannya, ia sempat mendapatkan keluhan dari para pedagang soal naiknya sejumlah komoditas pangan.

Metropolitan | 15:44 WIB

Salah satunya pedagang sayur bernama Jumedi (52). Ia mengeluhkan harga kol naik kepada Heru sejak dua hari belakangan ini.

Metropolitan | 12:37 WIB

Sambo bersaksi jika dirinya sedang menuju ke pangkalan Kali Okse, Distrik Oksebang sekitar pukul 12.00 WIT.

Metropolitan | 11:38 WIB

Ratu Rizky Nabila memamerkan kemampuan vokalnya dengan bernyanyi Aku Baik-Baik Saja.

Gosip | 06:50 WIB

Kaesang Pangarep ikut kepincut pesona kecantikan Puteri Indonesia DIY 2022.

Gosip | 06:45 WIB

Ayu Dewi mengakui, Regi Datau sekarang selalu menuruti apa maunya.

Gosip | 06:40 WIB

Tas yang ditenteng Rizky Billar merupakan merek ternama, Louis Vuitton.

Gosip | 06:30 WIB
Tampilkan lebih banyak