Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Polisi Naikan Status ke Tahap Penyidikan, Ini Alasannya

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, dinaikannya kasus ini menjadi penyidikan berdasarkan petunjuk dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Faqih
Senin, 03 Oktober 2022 | 21:54 WIB
Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Polisi Naikan Status ke Tahap Penyidikan, Ini Alasannya
Kerusuhan usai laga Arema FC versus Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang pada Sabtu (1/10/2022) malam. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.)

PURWASUKA - Kasus insiden kerusuhan yang menewaskan lebih dari 100 orang usai laga Arema FC melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu (1/10/2022) dinaikan menjadi penyidikan.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, dinaikannya kasus ini menjadi penyidikan berdasarkan petunjuk dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sambungnya, Kapolri meminta agar kasus insiden kerusuhan ini bisa segera ditangani. Tentunya dengan ketelitian dan kehati-hatian serta mengedepankan pembuktian secara ilmiah.

"Sesuai dengan perintah Bapak Presiden, Bapak Kapolri memerintahkan tim bekerja secara cepat namun unsur ketelitian kehati-hatian dan proses pembuktian secara ilmiah juga menjadi standar tim ini bekerja," katanya, Senin (3/10/2022).

Baca Juga:Lesti Laporkan Billar karena KDRT, Netizen: Di Depan Kamera Baik-Baik Saja

Selain itu, Polri juga telah memeriksa sebanyak 20 orang saksi terkait kasus ini serta melakukan gelar perkara

"Hasil gelar perkara meningkatkan status dari penyelidikan sekarang statusnya menjadi penyidikan, tim juga akan bekerja secara maraton," katanya melansir dari PMJNews.com.

Dedi menambahkan, sebanyak 28 personel Polri juga telah diperiksa oleh Propam terkait adanya dugaan pelanggaran kode etik. Hingga kini, sambungnya pemeriksaan masih berlangsung.

"Malam hari ini juga melakukan pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik anggota Polri sebanyak 28 personel Polri. Ini pun masih dalam proses pemeriksaan," katanya.

Sebelumnya, buntut dari kasus ini AKBP Ferli Hidayat resmi dicopot sebagai Kapolres Malang. Penggantinya yakni AKBP Putu Kholis Aryana.

Baca Juga:Buntut Tragedi Kanjuruhan Kapolres Malang Dinonaktifkan, Netizen: Selanjutnya Iwan Bule Harus Mundur

"Menonaktifkan sekaligus mengganti Kapolres Malang, AKBP Firli Hidayat," kata Dedi.

"AKBP Putu Kholis yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Polda Metro Jaya," tambahnya. ***

Nasional

Terkini

Persib siap kembali berkompetisi di Liga 1 2022/2023. Setelah terhenti kurang lebih dua bulan, inilah saat bagi pemain untuk kembali ke lapangan.

Ragam | 19:39 WIB

Namun demikian, apakah keputusan orang nomor satu di Kabupaten Purwakarta itu akan berpengaruh ke karir politiknya ke depannya, begini menurut pengamat politik dan pemerintahan Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) Arlan Siddha.

Purwasuka | 17:21 WIB

Hal ini terungkap dalam unggahan foto Ambu Anne sapaan akrabanya di akun Instagram @anneratna82, Selasa (6/12/2022).

Purwasuka | 16:42 WIB

Bek tengah Persib, Kakang Rudianto sangat bersyukur Liga 1 2022 berlanjut. Sebelumnya, kompetisi sempat ditunda selama dua bulan akibat tragedi Kanjuruhan, 1 Oktober 2022 lalu.

Ragam | 16:41 WIB

Hal ini disampaikan Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana. Dia menerangkan, berdasarkan kajian pakar bahwa solusi satu-satunya yakni merelokasi warga desa ke tempat lain.

Purwasuka | 15:46 WIB

Persib bertolak menuju Yograkarta, Selasa, 6 Desember 2022 pagi untuk menjalani lanjutan kompetisi Liga 1 2022/2023.

Ragam | 15:39 WIB

Timnas Indonesia sudah satu pekan menjalani pemusatan latihan di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar. Kondisi skuad Garuda mengalami kemajuan dan perkembangan positif.

Ragam | 15:27 WIB

Simak profil Dejan Lovren, mantan pemain Liverpool yang namanya mencuat usai bawa Kroasia lolos perempat final Piala Dunia Qatar 2022. Itu terjadi pada 5 Desember 2022.

Ragam | 15:16 WIB

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur mengatakan, sejumlah upaya pencegahan jatuhnya korban bila terjadi sudah dilakukannya. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan mendorong instansi terkait agar menyiapkan langkah antisipasi.

Purwasuka | 14:58 WIB

Dalam video tersebut terlihat sejumlah warga dan juga ada aparat pemerintahan setempat menemukan mayat perempuan di Irigasi KW, Kepuh Karangpawitan-Karawang.

Purwasuka | 14:45 WIB

Kalau bisa dibilang, itu motor yang diambil sumber kehidupannya, kudanya dia..."

Metropolitan | 17:50 WIB

Jaksa menjelaskan percobaan pembunuhan itu berawal dari permintaan Kopda Muslimin untuk menghabisi istrinya.

Metropolitan | 16:05 WIB

Dalam kunjungannya, ia sempat mendapatkan keluhan dari para pedagang soal naiknya sejumlah komoditas pangan.

Metropolitan | 15:44 WIB

Salah satunya pedagang sayur bernama Jumedi (52). Ia mengeluhkan harga kol naik kepada Heru sejak dua hari belakangan ini.

Metropolitan | 12:37 WIB

Sambo bersaksi jika dirinya sedang menuju ke pangkalan Kali Okse, Distrik Oksebang sekitar pukul 12.00 WIT.

Metropolitan | 11:38 WIB

Intip kecantikan Erina Gudono dan Selvi Ananda yang sama-sama wanita asli Jawa.

Gosip | 07:15 WIB

Ratu Rizky Nabila memamerkan kemampuan vokalnya dengan bernyanyi Aku Baik-Baik Saja.

Gosip | 06:50 WIB

Kaesang Pangarep ikut kepincut pesona kecantikan Puteri Indonesia DIY 2022.

Gosip | 06:45 WIB

Ayu Dewi mengakui, Regi Datau sekarang selalu menuruti apa maunya.

Gosip | 06:40 WIB
Tampilkan lebih banyak