Jelang Pilpres 2024, Ridwan Kamil Dianggap Cocok Gabung Partai Ini

Sebelumnya, Ridwan Kamil dikabarkan segera bergabung dengan salah satu partai politik pada akhir tahun 2022.

Sarip
Jum'at, 30 September 2022 | 13:39 WIB
Jelang Pilpres 2024, Ridwan Kamil Dianggap Cocok Gabung Partai Ini
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

JAKARTA – Jelang Pilpres 2024, Ridwan Kamil menjadi salah satu sosok yang menjadi perhatian publik. Apalagi, pria yang kini menjabat Gubernur Jawa Barat tersebut hingga kini belum bergabung ke salah satu partai politik peserta pemilu.  

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu pun didorong untuk segera bergabung dengan parpol. Alasannya, karir politik yang kini diembannya membutuhkan dukungan parpol. 

"RK sebaiknya memang segera masuk parpol tanpa perlu terlalu banyak pertimbangan dan ragu-ragu. Sebab, karier politik RK di masa depan tetap butuh partai," kata Pengamat politik yang juga Founder Cyrus Network, Hasan Nasbi dikutip Kompas.com, Jumat (30/9/2022). 

Menurut Hasan, Kang Emil harus segera memutuskan bergabung dengan salah satu parpol. Jika tidak, maka akan berdampak negative bagi karir politiknya.

Baca Juga:Motoran Keliling Kampung, Kapolres Purwakarta Bagikan Beras ke Warga

Hasan menegaskan, bergabung dengan partai politik bukan hanya untuk membangun karier politik, sekaligus membesarkan partai, melainkan juga untuk mengamankan tiket pilpres atau pilkada. 

"Sekadar menjajaki peluang untuk dapat tiket pada pilpres atau pilkada saja," ucap dia. 

Lalu partai politik mana yang dianggap cocok untuk Ridwan Kamil? Menurut Hasan, dirinya memprediksi Ridwan Kamil cocok bergabung dengan Partai Golkar, Partai Nasdem, atau Partai Demokrat. 

"Kalau secara karakter, pemikiran, dan aspek teknokratisme, RK cocok begabung dengan Partai Golkar. Kalau secara ideologi, cocok sama partai-partai nasionalis di tengah, seperti Golkar, Nasdem, atau Demokrat," tutur Hasan. 

Sebelumnya, Ridwan Kamil dikabarkan segera bergabung dengan salah satu partai politik pada akhir tahun 2022. Bahkan sejak akhir tahun 2021 lalu, keinginan bergabung dengan salah satu partai politik sempat diungkapkan Ridwan Kamil.

Baca Juga:Farwiza Farhan, Perempuan Asal Aceh Jadi Sosok Inspiratif Dunia yang Dikagumi Bill Gates

Bergabung dengan partai poltiik, baginya sangat dibutuhkan untuk mendukungnya menjalankan tugas sebagai pemimpin eksekutif.

"Kalau dalam perjalanan menuju rute kedua, yaitu di nasional, terbuka, ya kenapa tidak, posisinya sama juga. Jadi mau melanjutkan (Gubernur Jawa Barat) tahap 2 atau berkontestasi di nasional, saya sudah memutuskan tahun ini memilih partai," ujar Ridwan Kamil dalam wawancara eksklusif program Gaspol! Kompas.com, Rabu (18/5/2022). (*) 

Jabar

Terkini

Persib siap kembali berkompetisi di Liga 1 2022/2023. Setelah terhenti kurang lebih dua bulan, inilah saat bagi pemain untuk kembali ke lapangan.

Ragam | 19:39 WIB

Namun demikian, apakah keputusan orang nomor satu di Kabupaten Purwakarta itu akan berpengaruh ke karir politiknya ke depannya, begini menurut pengamat politik dan pemerintahan Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) Arlan Siddha.

Purwasuka | 17:21 WIB

Hal ini terungkap dalam unggahan foto Ambu Anne sapaan akrabanya di akun Instagram @anneratna82, Selasa (6/12/2022).

Purwasuka | 16:42 WIB

Bek tengah Persib, Kakang Rudianto sangat bersyukur Liga 1 2022 berlanjut. Sebelumnya, kompetisi sempat ditunda selama dua bulan akibat tragedi Kanjuruhan, 1 Oktober 2022 lalu.

Ragam | 16:41 WIB

Hal ini disampaikan Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana. Dia menerangkan, berdasarkan kajian pakar bahwa solusi satu-satunya yakni merelokasi warga desa ke tempat lain.

Purwasuka | 15:46 WIB

Persib bertolak menuju Yograkarta, Selasa, 6 Desember 2022 pagi untuk menjalani lanjutan kompetisi Liga 1 2022/2023.

Ragam | 15:39 WIB

Timnas Indonesia sudah satu pekan menjalani pemusatan latihan di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar. Kondisi skuad Garuda mengalami kemajuan dan perkembangan positif.

Ragam | 15:27 WIB

Simak profil Dejan Lovren, mantan pemain Liverpool yang namanya mencuat usai bawa Kroasia lolos perempat final Piala Dunia Qatar 2022. Itu terjadi pada 5 Desember 2022.

Ragam | 15:16 WIB

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur mengatakan, sejumlah upaya pencegahan jatuhnya korban bila terjadi sudah dilakukannya. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan mendorong instansi terkait agar menyiapkan langkah antisipasi.

Purwasuka | 14:58 WIB

Dalam video tersebut terlihat sejumlah warga dan juga ada aparat pemerintahan setempat menemukan mayat perempuan di Irigasi KW, Kepuh Karangpawitan-Karawang.

Purwasuka | 14:45 WIB

Kalau bisa dibilang, itu motor yang diambil sumber kehidupannya, kudanya dia..."

Metropolitan | 17:50 WIB

Jaksa menjelaskan percobaan pembunuhan itu berawal dari permintaan Kopda Muslimin untuk menghabisi istrinya.

Metropolitan | 16:05 WIB

Dalam kunjungannya, ia sempat mendapatkan keluhan dari para pedagang soal naiknya sejumlah komoditas pangan.

Metropolitan | 15:44 WIB

Salah satunya pedagang sayur bernama Jumedi (52). Ia mengeluhkan harga kol naik kepada Heru sejak dua hari belakangan ini.

Metropolitan | 12:37 WIB

Sambo bersaksi jika dirinya sedang menuju ke pangkalan Kali Okse, Distrik Oksebang sekitar pukul 12.00 WIT.

Metropolitan | 11:38 WIB

Outfit Syahrini ternyata ada yang harganya di bawah sejuta.

Gosip | 19:31 WIB

Pengakuan Ratu Rizky Nabila sudah dua tahun mengenal Ibrahim Alhami sebelum menikah ternyata bohong

Gosip | 19:25 WIB

Roro Fitria dan Andre Irawan resmi bercerai pada Selasa (6/12/2022).

Gosip | 19:10 WIB

Pandangan Soleh Solihun berubah setelah mendengarkan musik Iwan Fals.

Gosip | 19:07 WIB

Denise Chariesta ogah meminta maaf kalau istri RD belum meminta maaf atas perselingkuhannya dulu.

Gosip | 18:55 WIB
Tampilkan lebih banyak