Ratusan Ibu di Karawang Tercatat Idap HIV, Aktivis Kesehatan Minta Pemkab Serius Tangani

Bahkan, disebutkan Iwan berdasarkan data yang dimilikinya sebanyak 260 Ibu Rumah Tangga (IRT) dan 43 Balita di Kabupaten Karawang terdeteksi virus HIV.

Faqih
Jum'at, 23 September 2022 | 09:22 WIB
Ratusan Ibu di Karawang Tercatat Idap HIV, Aktivis Kesehatan Minta Pemkab Serius Tangani
Ilustrasi penyebaran virus HIV di Kabupaten Karawang. (unsplash)

KARAWANG - Aktivis pencegahan dan perawatan penyakit menular seksual, Iwan Somantri Amintapradja meminta Pemerintah Kabupaten Karawang serius dalam menekan penyebaran virus HIV.

Menurutnya, saat ini Kabupaten Karawang dalam keadaan genting penyebaran penyakit HIV di kalangan ibu rumah tangga. Tak hanya itu, puluhan bayi pun terdeteksi virus HIV.

Bahkan, disebutkan Iwan berdasarkan data yang dimilikinya sebanyak 260 Ibu Rumah Tangga (IRT) dan 43 Balita di Kabupaten Karawang terdeteksi virus HIV.

"Ini sudah keadaan genting, bukan hanya IRT dan balita saja, melainkan ada juga 42 Usia produktif yang diantaranya 33 Putra dan 9 Putri di Kabupaten Karawang yang terdeteksi virus HIV. Dan masih banyak lagi diluar sana yang belum terdekteksi," katanya mengutip karawang.inews.id, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga:Agnezmo dan Adam, Dimabuk Cinta Bikin Meleleh

Dia menerangkan, data tersebut merupakan akumulasi dari tahun 1995. Namun, bila mengacu pada data tersebut saat ini kondisi bayi terdeteksi HIV itu sudah dewasa.

"43 itu angka akumulasi balita terdeteksi HIV sejak tahun 1995, Sekarang mereka ada yang sudah beranjak remaja dan dewasa," kata Iwan.

Iwan meminta, Bupati Karawang Cellica Nurachadiana yang seorang dokter segera melakukan langkah nyata tekan penyebaran HIV. Jangan sampai, hal tersebut menjadi 'bom waktu' di kemudian hari.

"Kita lihat, Pemimpin kita seorang dokter, seharusnya bisa lebih sadar akan bahaya dari virus HIV ini," katanya.

"Bukan hanya penyuluhan saja yang harus dilakukan, harus ada langkah tegas seperti aturan tes HIV saat ingin melakukan pernikahan atau dilakukan tes HIV secara serentak di Kabupaten Karawang," tambah Iwan.

Baca Juga:Kandungan Nutrisi dan Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

Pemkab Karawang pun, diminta Iwan segera melakukan tes HIV secara serentak di Bulan September ini. Hal ini guna mengetahui pasti jumlah pengidap HIV sekarang. 

"Ini masih Bulannya Kabupaten Karawang, dalam rangka HUT Kabupaten Karawang yang ke-389, saya meminta kepada Pemimpin Kabupaten Karawang yang juga seorang Dokter untuk melakukan tes HIV serentak, mulai dari Pimpinan Pemkab Karawang, para Pejabat, Staff hingga ke tinggkat kecamatan dan Kelurahan lalu masyarakat di Kabupaten Karawang," katanya.

"Ini bukan persoalan satu atau dua orang saja, melainkan berkaitan dengan ribuan nyawa dan masa depan anak cucu kita ini. Dan jika Pemkab Karawang tidak mampu untuk melakukannya, saya dan rekan dari aktivis pencegahan dan perawatan penyakit menular seksual siap melakukannya," tambah Iwan. 

Purwasuka

Terkini

Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar, menyampaikan, korban masing-masing diketahui masih berumur 14 Tahun 11 Bulan, asal talun Kabupaten Cirebon. Korban dipekerjakan oleh pelaku sejak dua bulan yang lalu.

Jabar | 17:33 WIB

Dia berharap kemudian hari tidak ada lagi korban dan air mata lagi di sepakbola Indonesia. Bahkan, Luis Milla pun mengaku sangat kaget saat mendengar kabar tersebut pertama kali.

Ragam | 17:02 WIB

Pihak-pihak yang diperiksa yakni Direktur PT LIB, Ketua PSSI Jatim, Ketua Panpel Arema FC, serta Kadispora Jawa Timur. Pemeriksaan buntut tragedi kerusuhan berdarah ini dilakukan oleh tim investigasi Polri.

Nasional | 16:45 WIB

Hal ini dikatakan Kasubbag Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi. Dia menerangkan, isi atau muatan konten itu termasuk laporan palsu.

Nasional | 16:37 WIB

Dapatkan hadiah menarik dari Kode Redeem Genshin Impact 3 Oktober 2022. Di dalamnya, kalian bisa mendapatkan Mora dan Primogems.

Ragam | 16:23 WIB

Dengan mengklaim Kode Redeem CODM 3 Oktober 2022 dapat digunakan untuk mendapatkan berbagai item menarik secara gratis demi meraih kemenangan.

Ragam | 16:18 WIB

Simak jenis-jenis celana jeans wanita yang biasa digunakan. Salah satunya ada Wide-leg Jeans.

Ragam | 16:13 WIB

Ada banyak tips memilih celana jeans yang tepat untuk bagian tubuh. Namun, jarang yang menetahui hal ini.

Ragam | 15:58 WIB

Bek Persib, Rachmat Irianto mengaku sangat terpukul atas terjadinya insiden kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu 1 Oktober 2022. Peristiwa yang merenggut banyak korban jiwa itu dinilai Rian sapaan akrab Rachmat Irianto sebagai cerita terkelam yang pernah terjadi di sep

Ragam | 15:48 WIB

Artis, Baim Wong dan Paula Verhoeven meminta maaf pada semua orang yang merasa dirugikan oleh dirinya atas video prank KDRT yang melibatkan institusi kepolisian.

Ragam | 15:23 WIB

Cak Nun ditanya oleh seorang ustadz ketika lantunan takbir Hari Raya diganti. Berikut ini tanggapan adem Cak Nun atas pertanyaan tersebut.

Metropolitan | 20:10 WIB

"Ada luka memar di sekujur tubuh bahkan ada warna biru,"ujar paman korban.

Metropolitan | 19:23 WIB

Ayah dan Ibu Brigadir J mengungkap arogannya tindakan rombongan Brigjen Pol Hendra Kurniawan yang bahkan tak berkenan melepas sepatu mereka.

Metropolitan | 18:42 WIB

Buntut prank dengan membikin laporan soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), artis Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven, dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Metropolitan | 18:14 WIB

"Setelah saya berdiri saya didorong dari belakang dan kemudian melihat ayah terjatuh,"

Metropolitan | 14:56 WIB

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan terkait kontan prank KDRT juga sita perhatian pembaca hari ini.

Gosip | 22:33 WIB

Rizky Billar jadikan Raffi Ahmad sebagai role model.

Gosip | 21:29 WIB

Inul Daratista dan Ruben Onsu sempat heran tubuh Lesti Kejora semakin kurus setelah menikah.

Gosip | 21:14 WIB

Aty Kodong prihatin dengan kasus KDRT yang dialami Lesti Kejora.

Gosip | 20:55 WIB

Arie Kriting menagih penjelasan PT. LIB soal alasan tetap menggelar laga Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada malam hari.

Gosip | 20:09 WIB
Tampilkan lebih banyak