Ribuan Buruh Kepung Gedung Sate, Desak Ridwan Kamil Naikan Upah Minimun 2023

Ribuan buruh yang melakukan unjuk rasa di depan Gedung Sate ini berasal dari tiga serikat buruh yakni Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Serikat Pekerjaan Nasional (SPN).

Faqih
Rabu, 21 September 2022 | 16:27 WIB
Ribuan Buruh Kepung Gedung Sate, Desak Ridwan Kamil Naikan Upah Minimun 2023
Aksi ribuan buruh mengepung Gedung Sate Kota Bandung, Rabu (21/9/2022) (Istimewa)

BANDUNG - Ribuan buruh menggeruduk kantor Gubernur Jawa Barat, Rabu (21/9/2022). Mereka berunjuk rasa meminta Gubernur Jabar Ridwan Kamil menaikan upah minimun tahun 2023.

Ribuan buruh yang melakukan unjuk rasa di depan Gedung Sate ini berasal dari tiga serikat buruh yakni Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Serikat Pekerjaan Nasional (SPN).

Dalam orasinya, para buruh menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) karena memberatkan masyarakat Indonesia. Menurutnya, kebijakan tersebut tidak dibarengi dengan kenaikan upah pekerja secara signifikan.

Ketua Umum DPD KSPSI Jawa Barat Roy Jinto Ferianto menyebutkan, pada aksi buruh hari ini ada empat tuntutan yakni menolak kenaikan harga BBM, meminta Pemerintah Provinsi Jabar menaikan upah 2023.

Baca Juga:Imigrasi Banda Aceh Terbitkan 15.944 Paspor Sepanjang 2022

Kemudian, menolak Undang-undang Cipta Kerja atau Omnibus Law terkait klasterisasi tenaga kerja. Serta meminta merevisi keputusan gubernur terkait upah minimum yang ditetapkan pada Januari 2022 lalu. 

"Naiknya harga BBM memicu lonjakan harga kebutuhan, inflasi. Harga-harga naik tanpa diiringi dengan penyesuaian upah minimum," katanya, Rabu (21/9/2022).

Menurut dia, beban para buruh saat semakin berat dengan naiknya harga BBM. Mengingat, kenaikan upah buruh yang dinilainya relatif kecil.

Hal ini pun tentunya akan berdampak pada kehidupan para buruh dan juga menurunkan daya beli masyarakat sehingga berdampak pada perluasan kemiskinan baru.

"Untuk BBM dan Ciptaker kita minta rekomendasi dari Gubernur yang ditujukan kepada presiden dan DPR RI. Tetapi untuk upah kita minta didiskusikan," terang Roy.

Baca Juga:4 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengoreksi Orang Lain

"Kita berharap Gubernur bisa memberikan semacam kado buat buruh di Jawa Barat di akhir masa jabatannya. Jangan sampa lima tahun menjabat tidak ada keberpihakan terhadap buruh," tambahnya.

Aksi unjuk rasa ini masih terus berlangsung meski hujan mengguyur kawasan Gedung Sate dan sekitarnya. Hingga pukul 12.49 WIB ribuan buruh masih berkumpul di Depan Gedung Sate. 

"Ini aksi pemanasan. Ke depan akan terus aksi, khususnya menjelang penetapan upah minimum 2023 pada November mendatang. Kalau tidak kita tutup tol di Bandung Raya," kata seorang orator.

"Hujan kehujanan, panas kepanasan, kita ke sini cuma modal badan, kita berkumpul di sini jadi salah satu upaya berjuang Kesejahteraan kita," pungkasnya. ***

Jabar

Terkini

Meski akan menjalani pemeriksaan, status Rizky Billar masih sebagai saksi.

Nasional | 18:46 WIB

Olah TKP ini, kata Kasie Humas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi bagian dari penyelidikan kasus KDRT yang dilaporkan Lesti Kejora.

Nasional | 18:37 WIB

Berdasarkan data terbaru yang dikumpulkan oleh pemerintah, tercatat sebanyak 448 orang menjadi korban. Dari jumlah tersebut, sebanyak 125 orang dinyatakan meninggal dunia.

Nasional | 17:57 WIB

Dia berharap kemudian hari tidak ada lagi korban dan air mata lagi di sepakbola Indonesia. Bahkan, Luis Milla pun mengaku sangat kaget saat mendengar kabar tersebut pertama kali.

Ragam | 17:02 WIB

Pihak-pihak yang diperiksa yakni Direktur PT LIB, Ketua PSSI Jatim, Ketua Panpel Arema FC, serta Kadispora Jawa Timur. Pemeriksaan buntut tragedi kerusuhan berdarah ini dilakukan oleh tim investigasi Polri.

Nasional | 16:45 WIB

Hal ini dikatakan Kasubbag Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi. Dia menerangkan, isi atau muatan konten itu termasuk laporan palsu.

Nasional | 16:37 WIB

Dapatkan hadiah menarik dari Kode Redeem Genshin Impact 3 Oktober 2022. Di dalamnya, kalian bisa mendapatkan Mora dan Primogems.

Ragam | 16:23 WIB

Dengan mengklaim Kode Redeem CODM 3 Oktober 2022 dapat digunakan untuk mendapatkan berbagai item menarik secara gratis demi meraih kemenangan.

Ragam | 16:18 WIB

Simak jenis-jenis celana jeans wanita yang biasa digunakan. Salah satunya ada Wide-leg Jeans.

Ragam | 16:13 WIB

Ada banyak tips memilih celana jeans yang tepat untuk bagian tubuh. Namun, jarang yang menetahui hal ini.

Ragam | 15:58 WIB

Cak Nun ditanya oleh seorang ustadz ketika lantunan takbir Hari Raya diganti. Berikut ini tanggapan adem Cak Nun atas pertanyaan tersebut.

Metropolitan | 20:10 WIB

"Ada luka memar di sekujur tubuh bahkan ada warna biru,"ujar paman korban.

Metropolitan | 19:23 WIB

Ayah dan Ibu Brigadir J mengungkap arogannya tindakan rombongan Brigjen Pol Hendra Kurniawan yang bahkan tak berkenan melepas sepatu mereka.

Metropolitan | 18:42 WIB

Buntut prank dengan membikin laporan soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), artis Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven, dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Metropolitan | 18:14 WIB

"Setelah saya berdiri saya didorong dari belakang dan kemudian melihat ayah terjatuh,"

Metropolitan | 14:56 WIB

Rizky Billar jadikan Raffi Ahmad sebagai role model.

Gosip | 21:29 WIB

Inul Daratista dan Ruben Onsu sempat heran tubuh Lesti Kejora semakin kurus setelah menikah.

Gosip | 21:14 WIB

Aty Kodong prihatin dengan kasus KDRT yang dialami Lesti Kejora.

Gosip | 20:55 WIB

Arie Kriting menagih penjelasan PT. LIB soal alasan tetap menggelar laga Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada malam hari.

Gosip | 20:09 WIB

Roy Kiyoshi mengomentari kasus KDRT di pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora.

Gosip | 19:36 WIB
Tampilkan lebih banyak