Baru Keluar Pintu Penjara, Mantan Wali Kota Cimahi Kembali Ditangkap KPK

Ajay sebelumnya terjerat operasi tangkap tangan atau OTT KPK berkaitan dengan kasus suap perizinan pembangunan Rumah Sakit Umum Kasih Bunda di Cimahi pada November 2020.

Sarip
Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:54 WIB
Baru Keluar Pintu Penjara, Mantan Wali Kota Cimahi Kembali Ditangkap KPK
Mantan Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna.

BANDUNG – Momen Hari Kemerdekaan RI ke-77 sejatinya menjadi hari pertama bagi Ajay M Priatna menghirup udara bebas. Namun nyatanya, di hari yang sama, tepatnya Rabu (17/8/2022), mantan Wali Kota Cimahi kembali ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Seperti diketahui, Ajay baru saja dinyatakan bebas usai menjalani hukuman usai divonis 2 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Bandung atas kasus kasus korupsi pembangunan Rumah Sakit Kasih Bunda Cimahi yang menjeratnya.

Pada hari Rabu (17/8/2022) sekitar pukul 10.00 WIB, Ajay terlihat keluar dari pintu utama Lapas Sukamiskin Bandung. Namun belum jauh kakinya melangkah, ia sudah dihadang penyidik KPK.

Penangkapan Ajay ini dibenarkan Plt Jubir KPK, Ali Fikri. Namun Ali belum merinci lebih jelas terkait kasus apa Ajay ditangkap.

Baca Juga:Diduga Terlibat Jaringan Pengedar Internasional, Ketua Geng Motor di Bandung Ditangkap

"Iya benar (ditangkap KPK) saat ini masih dilakukan pemeriksaan penyidik di gedung merah putih KPK. Besok kami sampaikan perkembangannya," ujar Ali saat dikonfirmasi, Rabu (17/8/2022).

Hal yang sama juga diungkapkan Kalapas Sukamiskin, Elly Yuzar. Menurutnya, Ajay sudah dinyatakan bebas pada Rabu (17/8/2022) bertepatan dengan HUT RI ke-77. Dengan diantar petugas, Ajay kemudian keluar dari Lapas Sukamiskin pada pukul 10.00 WIB.

Elly pun memastikan, menangkap Ajay oleh petugas KPK setelah mantan Wali Kota Cimahi itu keluar dari lapas. Sehingga penangkapan tersebut tidak berkaitan Lapas Sukamiskin.

"Tidak ada kaitannya dengan kami. Tadi pagi sudah bebas. Sudah bebas, sudah keluar lapas," tegas Elly Yuzar.

Seperti diketahui, Ajay sebelumnya terjerat operasi tangkap tangan atau OTT KPK berkaitan dengan kasus suap perizinan pembangunan Rumah Sakit Umum Kasih Bunda di Cimahi pada November 2020. Ajay saat itu diduga menerima suap Rp 3,2 miliar untuk pembangunan RSU Kasih Bunda. Uang itu berkaitan dengan perizinan pembangunan rumah sakit itu. Ajay pun ditahan KPK.

Baca Juga:Ki Jaga Raksa Simbol Aset Budaya Nasional, Negara Layak Memilikinya

Kemudian pada April 2021, Ajay mulai diadili di Pengadilan Tipikor Bandung. Ajay didakwa menerima suap hingga Rp 1,6 miliar.

Suap itu diberikan oleh Hutama Yonathan selalu Direktur Utama PT Mitra Medika Sejati sekaligus pemilik RSU Kasih Bunda. Menurut Jaksa KPK, uang miliaran rupiah itu diberikan kepada Ajay dengan maksud agar proyek pengembangan RSU Kasih Bunda itu tidak dipersulit oleh Ajay yang kala itu menjabat sebagai Wali Kota Cimahi.

Atas dakwaan itu, Ajay pun divonis hanya 2 tahun penjara. Vonis ini diketahui jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa KPK yakni 7 tahun penjara. (*)

Jabar

Terkini

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, dinaikannya kasus ini menjadi penyidikan berdasarkan petunjuk dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Nasional | 21:54 WIB

Pencopotan ini berdasarkan keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang disampaikan Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Nasional | 21:44 WIB

Meski akan menjalani pemeriksaan, status Rizky Billar masih sebagai saksi.

Nasional | 18:46 WIB

Olah TKP ini, kata Kasie Humas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi bagian dari penyelidikan kasus KDRT yang dilaporkan Lesti Kejora.

Nasional | 18:37 WIB

Berdasarkan data terbaru yang dikumpulkan oleh pemerintah, tercatat sebanyak 448 orang menjadi korban. Dari jumlah tersebut, sebanyak 125 orang dinyatakan meninggal dunia.

Nasional | 17:57 WIB

Dia berharap kemudian hari tidak ada lagi korban dan air mata lagi di sepakbola Indonesia. Bahkan, Luis Milla pun mengaku sangat kaget saat mendengar kabar tersebut pertama kali.

Ragam | 17:02 WIB

Pihak-pihak yang diperiksa yakni Direktur PT LIB, Ketua PSSI Jatim, Ketua Panpel Arema FC, serta Kadispora Jawa Timur. Pemeriksaan buntut tragedi kerusuhan berdarah ini dilakukan oleh tim investigasi Polri.

Nasional | 16:45 WIB

Hal ini dikatakan Kasubbag Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi. Dia menerangkan, isi atau muatan konten itu termasuk laporan palsu.

Nasional | 16:37 WIB

Dapatkan hadiah menarik dari Kode Redeem Genshin Impact 3 Oktober 2022. Di dalamnya, kalian bisa mendapatkan Mora dan Primogems.

Ragam | 16:23 WIB

Dengan mengklaim Kode Redeem CODM 3 Oktober 2022 dapat digunakan untuk mendapatkan berbagai item menarik secara gratis demi meraih kemenangan.

Ragam | 16:18 WIB

Cak Nun ditanya oleh seorang ustadz ketika lantunan takbir Hari Raya diganti. Berikut ini tanggapan adem Cak Nun atas pertanyaan tersebut.

Metropolitan | 20:10 WIB

"Ada luka memar di sekujur tubuh bahkan ada warna biru,"ujar paman korban.

Metropolitan | 19:23 WIB

Ayah dan Ibu Brigadir J mengungkap arogannya tindakan rombongan Brigjen Pol Hendra Kurniawan yang bahkan tak berkenan melepas sepatu mereka.

Metropolitan | 18:42 WIB

Buntut prank dengan membikin laporan soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), artis Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven, dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Metropolitan | 18:14 WIB

"Setelah saya berdiri saya didorong dari belakang dan kemudian melihat ayah terjatuh,"

Metropolitan | 14:56 WIB

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan terkait kontan prank KDRT juga sita perhatian pembaca hari ini.

Gosip | 22:33 WIB

Rizky Billar jadikan Raffi Ahmad sebagai role model.

Gosip | 21:29 WIB

Inul Daratista dan Ruben Onsu sempat heran tubuh Lesti Kejora semakin kurus setelah menikah.

Gosip | 21:14 WIB

Aty Kodong prihatin dengan kasus KDRT yang dialami Lesti Kejora.

Gosip | 20:55 WIB

Arie Kriting menagih penjelasan PT. LIB soal alasan tetap menggelar laga Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada malam hari.

Gosip | 20:09 WIB
Tampilkan lebih banyak