Produk Kerajinan Warga Binaan Lapas Purwakarta Dapat Apresiasi dari Kodim 0619

Keistimewaan produk kerajinan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwakarta mendapat apresiasi dan pujian dari Komandan Kodim (Dandim) 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi. Terutama keunikan, ragam, dan keindahannya.

Amaludin
Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:11 WIB
Produk Kerajinan Warga Binaan Lapas Purwakarta Dapat Apresiasi dari Kodim 0619
Kalapas Kelas IIB Purwakarta, Sopiana saat menyerahkan jam dinding hasli Kerajinan warga binaan kepada Dandim 0619 Purwakarta. (Foto: Jabarnews)

PURWAKARTA - Keistimewaan produk kerajinan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwakarta mendapat apresiasi dan pujian dari Komandan Kodim (Dandim) 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi. Terutama keunikan, ragam, dan keindahannya.

Menurutnya, meski kehidupannya saat ini di dalam jeruji besi namun tak menghalangi mereka untuk berkarya dan melahirkan sebuah kreativitas. Sejumlah warga binaan Lapas Purwakarta pun kini bisa memproduksi berbagai barang dari limbah kayu.

"Hasil produksinya tak kalah bersaing dengan yang lain, sangat diapresiasi dan berpeluang untuk dapat diterima pasar. Saya yakin hal ini dapat dikembangkan dan ditingkatkan sehingga memberi kontribusi positif bagi setiap warga binaan setelah menyelesaikan masa hukumannya," ucap pria yang akrab disapa Andi itu, saat ditemui Di Lapas Purwakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Dandim mengungkapkan kekagumannya terhadap kreativitas dari warga binaan di Lapas Kelas IIB Purwakarta. 

Baca Juga:Kasus Polisi Todong Senjata Api ke Anak di Kabupaten Bone, LBH Makassar Minta Pelaku Dihukum Maksimal

"Dengan begini, setelah bebas nanti mereka bisa mengembangkan dan memiliki penghasilan sendiri. Bahkan tak menutup kemungkinan mereka pun akan mampu membuka lapangan kerja bagi warga lainnya di sekitar tempat tinggalnya nanti," Ucap Andi. 

Sementara, Kepala Lapas Kelas IIB Purwakarta, Sopiana mengatakan, perilaku narapidana memang erat dengan stigma negatif di masyarakat pada umumnya. Ini menjadikan mantan narapidana terkadang merasa kesulitan berbaur dan beradaptasi di luar tembok penjara ketika mereka sudah bebas masa pidana. 

"Nah, untuk mengubah stigma negatif itu Lapas Kelas IIB Purwakarta berupaya menginovasi cara pembinaan bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) agar kelak ketika mereka purna dari kehidupan di penjara, mereka dapat menjalani hidup yang positif, produktif, dan berdaya guna di tengah-tengah masyarakat," ucapnya. 

Sopiana menambahkan program kemandirian ini merupakan pembinaan dari pihak Lapas Purwakarta dalam mendidik serta membina para pelanggar hukum agar menjadi manusia yang berguna dan mempunyai skill serta keterampilan.

"Hal ini sebagai upaya memberdayakan para WBP dalam suatu kegiatan kemandirian terutama bagi WBP yang mempunyai skill, serta keterampilan dalam bidang perkayuan dan perbengkelan. Bengkel kerja memang dikhususkan untuk warga binaan dengan track record baik. Berbagai keterampilan itu diberikan petugas Lapas secara otodidak maupun menghadirkan para pelatih yang tersertifikasi," ucap Sopiana. 

Baca Juga:Empat Napi Lapas Idi Diperiksa atas Kepemilikan Senjata Api, Diduga sebagai Bekal Kabur

Ia menegaskan, dengan adanya program kemandirian yang nyata telah memberikan bukti konkret bahwa Lapas adalah tempat pembinaan. 

"Nantinya, mereka bisa mengembangkan dan memiliki penghasilan sendiri dikemudian hari selepas menjalani masa pidana. Bahkan, tak menutup kemungkinan mereka pun akan mampu membuka lapangan kerja bagi warga lainnya di sekitar tempat tinggalnya nanti," pungkas Sopiana.***

Purwasuka

Terkini

Persib bertolak menuju Yograkarta, Selasa, 6 Desember 2022 pagi untuk menjalani lanjutan kompetisi Liga 1 2022/2023.

Ragam | 15:39 WIB

Timnas Indonesia sudah satu pekan menjalani pemusatan latihan di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar. Kondisi skuad Garuda mengalami kemajuan dan perkembangan positif.

Ragam | 15:27 WIB

Simak profil Dejan Lovren, mantan pemain Liverpool yang namanya mencuat usai bawa Kroasia lolos perempat final Piala Dunia Qatar 2022. Itu terjadi pada 5 Desember 2022.

Ragam | 15:16 WIB

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur mengatakan, sejumlah upaya pencegahan jatuhnya korban bila terjadi sudah dilakukannya. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan mendorong instansi terkait agar menyiapkan langkah antisipasi.

Purwasuka | 14:58 WIB

Dalam video tersebut terlihat sejumlah warga dan juga ada aparat pemerintahan setempat menemukan mayat perempuan di Irigasi KW, Kepuh Karangpawitan-Karawang.

Purwasuka | 14:45 WIB

Velline Ratu mengungkapak kabar mengejutkan, dimana ia menyebut bahwa arti berisinial F bakal segera menikah.

Ragam | 14:43 WIB

Simak daftar tim yang lolos perempat final Piala Dunia Qatar 2022. Ada Kroasia dan Brasil jadi pendatang baru.

Ragam | 14:24 WIB

Tak kalah dengan head to head, prediksi line up pemain Portugal vs Swiss juga menarik untuk diulas. Di babak 16 besar Piala Dunia 2022, kedua tim ini bakal tanding pada 7 Desember 2022, pukul 02.00 WIB dini hari.

Ragam | 13:26 WIB

Maroko vs Spanyol bakal berduel di laga babak 16 besar kali ini. Pemenangnya, dapat slot perempatfinal Piala Dunia Qatar 2022.

Ragam | 13:20 WIB

Jawaban kocak Agung Nugraha saat diejek perut gendut oleh Kiki Amalia gara-gara kebiasaan makan dengan porsi besar.

Ragam | 13:15 WIB

Kalau bisa dibilang, itu motor yang diambil sumber kehidupannya, kudanya dia..."

Metropolitan | 17:50 WIB

Jaksa menjelaskan percobaan pembunuhan itu berawal dari permintaan Kopda Muslimin untuk menghabisi istrinya.

Metropolitan | 16:05 WIB

Dalam kunjungannya, ia sempat mendapatkan keluhan dari para pedagang soal naiknya sejumlah komoditas pangan.

Metropolitan | 15:44 WIB

Salah satunya pedagang sayur bernama Jumedi (52). Ia mengeluhkan harga kol naik kepada Heru sejak dua hari belakangan ini.

Metropolitan | 12:37 WIB

Sambo bersaksi jika dirinya sedang menuju ke pangkalan Kali Okse, Distrik Oksebang sekitar pukul 12.00 WIT.

Metropolitan | 11:38 WIB

Loji Gandrung merupakan Rumah Dinas Wali Kota Solo, Jawa Tengah.

Gosip | 06:20 WIB

Beberapa artis memilih busana tradisional di foto prewedding.

Gosip | 06:10 WIB

Drama baru Lee Bo Young bakal tayang di awal Januari tahun depan.

Gosip | 03:00 WIB

Seperti diketahui, Aldebaran menegur Elsa karena mantan istri Nino itu selalu bertingkah.

Gosip | 02:00 WIB

Loly diketahui akan melanjutkan pendidikan di London, akankah Sean menyusul?

Gosip | 23:10 WIB
Tampilkan lebih banyak