Pemilik Truk Bakal Dipanggil Polisi Terkait Insiden Laka Maut di Cianjur

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan, insiden kecelakaan lalu yang terjadi pada Minggu (14/8/2022) menewaskan enam orang. Adapun maskud dan tujuan pemanggilan pemilik truk ini sebagai saksi.

Faqih
Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:46 WIB
Pemilik Truk Bakal Dipanggil Polisi Terkait Insiden Laka Maut di Cianjur
Ilustrasi kecelakaan. (Pixabay)

CIANJUR - Pemilik kendaraan truk pengangkut terigu yang terlibat kecelakaan maut di Jalur Tengkorak Cianjur dalam waktu dekat aka diperiksa Polres Cianjur. Hal ini berkaitan dengan adanya muatan truk yang melebihi kapasitas hingga tiga kali lipat.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan, insiden kecelakaan lalu yang terjadi pada Minggu (14/8/2022) menewaskan enam orang. Adapun maskud dan tujuan pemanggilan pemilik truk ini sebagai saksi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sejumlah saksi termasuk kernet truk. Bahwa truk tersebut sebelum kecelakaan sudah mengalami beberapa gangguan seperti rem semenjak keberangkatan.

"Dan hingga akhirnya truk benar-benar mengalami gagal rem dan menabrak tujuh kendaraan serta mengakibatkan enam orang tewas, dan beberapa lainnya luka-luka," ucapnya, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga:Polisi Bakal Panggil Pemilik Truk Yang Alami Kecelakaan di Jalur Tengkorak Cianjur, Hingga Sebabkan Enam Orang Tewas

Atas hasil keterangan tersebut, kata dia, pihaknya akan segera memanggil pemilik truk untuk memastikan terkait truk tersebut apakan sering dilakukan pengecekan dan perawatan secara rutin atau tidak sama sekali.

"Tidak hanya faktor manusia, petugas kami juga akan menyelidiki faktor kendaraan yang mengalami kecelakaan itu, karena dugaan utamanya yaitu rem blong. Namun disisi lain keterangan saksi menguatkan jika sejak awal remnya bermasalah. Karena itu kita akan segera periksa pemiliknya," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar Kombes Pol Romin Thaib menyebutkan truk bermuatan terigu yang mengalami kecelakaan maut hingga enam orang meninggal dunia akibat kelebihan muatan.

Hal tersebur diungkapkan Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Romin Thaib saat melakukan pengecekan di lokasi kecelakaan tepatnya di Jalan Raya Sukabumi, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur.

Romin menjelaskan, berdasarkan hasil penyelidikan awal truk fuso jenis Mitshubisi Hino bernomer polisi F 9125 WA tersebut melebihi kapasitas dari yang seharusnya.

Baca Juga:Dishub Cianjur Ungkap Fakta Mengejutkan Soal Kecelakaan Maut Truk Terigu di Gekbrong

"Truk overload, muatan yang dibawa melebihi dari batas maksimal muat yang ditetapkan saat uji KIR. Namun dia melebih muatan dari jumlah berat yang sudah ditetapkan," katanya.

Menurutnya, berdasarkan informasi dan pemeriksaan kernet, diketahui truk tersebut beberapa kali mengalami kendala, seperti masalah pada saluran bahan bakar, ban, hingga gagal rem.

"Dari beberapa hasil penyelidikan tersebut, akan kita cek lebih lanjut dengan Dishub dan pihak-pihak terkait lainnya. Mudah-mudahan saja dalam waktu dekat sudah ada hasilnya," katanya. ***

Jabar

Terkini

Meski akan menjalani pemeriksaan, status Rizky Billar masih sebagai saksi.

Nasional | 18:46 WIB

Olah TKP ini, kata Kasie Humas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi bagian dari penyelidikan kasus KDRT yang dilaporkan Lesti Kejora.

Nasional | 18:37 WIB

Berdasarkan data terbaru yang dikumpulkan oleh pemerintah, tercatat sebanyak 448 orang menjadi korban. Dari jumlah tersebut, sebanyak 125 orang dinyatakan meninggal dunia.

Nasional | 17:57 WIB

Dia berharap kemudian hari tidak ada lagi korban dan air mata lagi di sepakbola Indonesia. Bahkan, Luis Milla pun mengaku sangat kaget saat mendengar kabar tersebut pertama kali.

Ragam | 17:02 WIB

Pihak-pihak yang diperiksa yakni Direktur PT LIB, Ketua PSSI Jatim, Ketua Panpel Arema FC, serta Kadispora Jawa Timur. Pemeriksaan buntut tragedi kerusuhan berdarah ini dilakukan oleh tim investigasi Polri.

Nasional | 16:45 WIB

Hal ini dikatakan Kasubbag Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi. Dia menerangkan, isi atau muatan konten itu termasuk laporan palsu.

Nasional | 16:37 WIB

Dapatkan hadiah menarik dari Kode Redeem Genshin Impact 3 Oktober 2022. Di dalamnya, kalian bisa mendapatkan Mora dan Primogems.

Ragam | 16:23 WIB

Dengan mengklaim Kode Redeem CODM 3 Oktober 2022 dapat digunakan untuk mendapatkan berbagai item menarik secara gratis demi meraih kemenangan.

Ragam | 16:18 WIB

Simak jenis-jenis celana jeans wanita yang biasa digunakan. Salah satunya ada Wide-leg Jeans.

Ragam | 16:13 WIB

Ada banyak tips memilih celana jeans yang tepat untuk bagian tubuh. Namun, jarang yang menetahui hal ini.

Ragam | 15:58 WIB

Cak Nun ditanya oleh seorang ustadz ketika lantunan takbir Hari Raya diganti. Berikut ini tanggapan adem Cak Nun atas pertanyaan tersebut.

Metropolitan | 20:10 WIB

"Ada luka memar di sekujur tubuh bahkan ada warna biru,"ujar paman korban.

Metropolitan | 19:23 WIB

Ayah dan Ibu Brigadir J mengungkap arogannya tindakan rombongan Brigjen Pol Hendra Kurniawan yang bahkan tak berkenan melepas sepatu mereka.

Metropolitan | 18:42 WIB

Buntut prank dengan membikin laporan soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), artis Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven, dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Metropolitan | 18:14 WIB

"Setelah saya berdiri saya didorong dari belakang dan kemudian melihat ayah terjatuh,"

Metropolitan | 14:56 WIB

Aty Kodong prihatin dengan kasus KDRT yang dialami Lesti Kejora.

Gosip | 20:55 WIB

Arie Kriting menagih penjelasan PT. LIB soal alasan tetap menggelar laga Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada malam hari.

Gosip | 20:09 WIB

Roy Kiyoshi mengomentari kasus KDRT di pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora.

Gosip | 19:36 WIB

Ruben Onsu mengaku sempat berkirim pesan dengan Lesti Kejora sampai berita soal KDRT heboh dan diceritakan oleh istri Rizky Billar tersebut.

Gosip | 19:03 WIB

Kontrak rumah yang ditempati Rizky Billar dan Lesti Kejora tinggal dua tahun lagi.

Gosip | 18:50 WIB
Tampilkan lebih banyak