Aksi Mogok Makan hingga Tutup Mulut, Ini Tuntutan Warga Sumedang Terdampak Tol Cisumdawu

Warga pun mengancam akan melakukan aksi jalan kaki atau longmarch ke Jakarta untuk mengadu ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sarip
Senin, 15 Agustus 2022 | 22:49 WIB
Aksi Mogok Makan hingga Tutup Mulut, Ini Tuntutan Warga Sumedang Terdampak Tol Cisumdawu
Warga Sumedang terdampak Tol Cisumdawu menggelar aksi mogok makan dan tutup mulut.

SUMEDANG – Sejumlah warga Sumedang yang terkena dampak pembangunan Tol Cisumdawu mengancam akan melakukan aksi jalan kaki atau longmarch ke Jakarta untuk menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu dilakukan jika tuntutannya selama ini tak dipenuhi.

Seperti diketahui, puluhan warga dari tiga desa di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Baratini menggelar aksi mogok makan dan tutup mulut pada Senin (15/8/2022). Aksi ini rencananya akan dilakukan hingga tiga hari.

Dalam aksinya, warga yang berasal dari Desa Cilayung, Cibeusi, dan Cileles ini mengadukan lahan garapan mereka terkena imbas pembangunan Tol Cisumdawu (Cileunyi -Sumedang-Dawuan).

Sedangkan aksi dilakukan di Desa Cilayung, salah satu area pembangunan Tol Cisumdawu. Warga mengaku lahan yang mereka persoalkan memang bukan lahan milik warga. Namun warga mengaku sudah mengelola lahan garapannya itu selama puluhan tahun.

Baca Juga:Tak Lebih Baik dari Rokok Biasa, Ini Bahaya Vape bagi Kesehatan

Selain itu, di sana telah menjadi bagian sumber mata pencaharian warga selama ini dengan berkebun.

Dilansir dari DetikJabar, seorang warga, Jungan Durahman menjelaskan, lahan yang digarapnya merupakan lahan garapan yang telah dikelola turun-tuemurun.

"Lahan ini sudah digarap oleh tiga generasi dari mulai nenek saya, dari zaman menanam teh dan karet, sampai sekarang ditanami sejenis tanaman palawija ," ujarnya

Jungan menyebut, luas lahan garapan miliknya ada sekitar 1.400 meter persegi. Akibat terkena imbas pembangunan Tol Cisumdawu, ia kini harus kehilangan mata pencahariannya.

"Dulu saya nanam singkong dan jagung, namun tiba-tiba tidak ada gantinya (saat terkena imbas Tol Cisundawu). Saya pun kehilangan lahan garapan, akhirnya hilang mata pencaharian saya," terangnya.

Baca Juga:Tiga Pelaku Penipuan Modus M-Banking Palsu Ditangkap Polisi

Ia pun menuntut ganti rugi berupa uang kerohiman atau menggantinya dengan lahan garapan yang baru. Pasalnya, warga selama ini belum menerima ganti rugi atas lahan yang telah dikelolanya tersebut.

Sementara itu, penerima kuasa dari para penggarap dan juga penerima kuasa atas alas hak dari ahli waris Raden Arif Wiranatakusumah, yakni M. Taher Derlen menjelaskan, pihaknya selaku pemilik surat verponding atas lahan yang digarap warga, sebelumnya tidak memiliki persoalan dengan warga atas lahan garapannya tersebut.

Persoalan muncul, sambung dia, setelah adanya penggusuran dalam proyek tol Cisumdawu. "Masalahnya karena dalam penggusuran tersebut, tidak ada ganti rugi terhadap pihak penggarap dan juga tidak pernah ada pembayaran kepada kepada pihak pemilik alas hak," terangnya.

Taher menuntut kepada pemerintah dan pihak terkait membayar ganti rugi, baik kepada warga sebagai penggarap, juga kepada pemilik alas hak lahan yang digarap warga.

Satuan Kerja Tol (Satkertol) Cisumdawu Seksi I, Erwin mengaku telah mengetahui terkait aksi tersebut. Kendati demikian, ia tidak dapat memberikan tanggapan banyak lantaran soal pembebasan lahan itu berbeda untuk satuan kerjanya. (*)

Jabar

Terkini

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, dinaikannya kasus ini menjadi penyidikan berdasarkan petunjuk dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Nasional | 21:54 WIB

Pencopotan ini berdasarkan keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang disampaikan Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Nasional | 21:44 WIB

Meski akan menjalani pemeriksaan, status Rizky Billar masih sebagai saksi.

Nasional | 18:46 WIB

Olah TKP ini, kata Kasie Humas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi bagian dari penyelidikan kasus KDRT yang dilaporkan Lesti Kejora.

Nasional | 18:37 WIB

Berdasarkan data terbaru yang dikumpulkan oleh pemerintah, tercatat sebanyak 448 orang menjadi korban. Dari jumlah tersebut, sebanyak 125 orang dinyatakan meninggal dunia.

Nasional | 17:57 WIB

Dia berharap kemudian hari tidak ada lagi korban dan air mata lagi di sepakbola Indonesia. Bahkan, Luis Milla pun mengaku sangat kaget saat mendengar kabar tersebut pertama kali.

Ragam | 17:02 WIB

Pihak-pihak yang diperiksa yakni Direktur PT LIB, Ketua PSSI Jatim, Ketua Panpel Arema FC, serta Kadispora Jawa Timur. Pemeriksaan buntut tragedi kerusuhan berdarah ini dilakukan oleh tim investigasi Polri.

Nasional | 16:45 WIB

Hal ini dikatakan Kasubbag Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi. Dia menerangkan, isi atau muatan konten itu termasuk laporan palsu.

Nasional | 16:37 WIB

Dapatkan hadiah menarik dari Kode Redeem Genshin Impact 3 Oktober 2022. Di dalamnya, kalian bisa mendapatkan Mora dan Primogems.

Ragam | 16:23 WIB

Dengan mengklaim Kode Redeem CODM 3 Oktober 2022 dapat digunakan untuk mendapatkan berbagai item menarik secara gratis demi meraih kemenangan.

Ragam | 16:18 WIB

Cak Nun ditanya oleh seorang ustadz ketika lantunan takbir Hari Raya diganti. Berikut ini tanggapan adem Cak Nun atas pertanyaan tersebut.

Metropolitan | 20:10 WIB

"Ada luka memar di sekujur tubuh bahkan ada warna biru,"ujar paman korban.

Metropolitan | 19:23 WIB

Ayah dan Ibu Brigadir J mengungkap arogannya tindakan rombongan Brigjen Pol Hendra Kurniawan yang bahkan tak berkenan melepas sepatu mereka.

Metropolitan | 18:42 WIB

Buntut prank dengan membikin laporan soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), artis Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven, dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Metropolitan | 18:14 WIB

"Setelah saya berdiri saya didorong dari belakang dan kemudian melihat ayah terjatuh,"

Metropolitan | 14:56 WIB

Rizky Billar jadikan Raffi Ahmad sebagai role model.

Gosip | 21:29 WIB

Inul Daratista dan Ruben Onsu sempat heran tubuh Lesti Kejora semakin kurus setelah menikah.

Gosip | 21:14 WIB

Aty Kodong prihatin dengan kasus KDRT yang dialami Lesti Kejora.

Gosip | 20:55 WIB

Arie Kriting menagih penjelasan PT. LIB soal alasan tetap menggelar laga Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada malam hari.

Gosip | 20:09 WIB

Roy Kiyoshi mengomentari kasus KDRT di pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora.

Gosip | 19:36 WIB
Tampilkan lebih banyak