Ratusan Hektare Lahan di Subang dan Bekasi Berubah Jadi Laut

Pemanasan global sudah menjadi ancaman yang nyata bagi dunia, termasuk Indonesia. Kondisi ini pula yang menyebabkan ratusan hektare lahan di Subang dan Bekasi kini berubah menjadi laut.

Sarip
Sabtu, 06 Agustus 2022 | 21:27 WIB
Ratusan Hektare Lahan di Subang dan Bekasi Berubah Jadi Laut
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

BANDUNG Global warming atau pemanasan global bukan hanya sekedar isu oleh pihak tertentu. Namun di balik itu, pemanasan global sudah menjadi ancaman yang nyata bagi dunia, termasuk Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam perhelatan 10 Tahun Forum Pemred, Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut, pemanasan global sedikitnya berdampak pada ratusan hektare lahan di wilayah Subang dan Bekasi sudah terendam air laut.

“Di wilayah saya (Suband dan Bekasi), 700 hektar tanah sudah berubah jadi air laut. Di saat kita hidup, global warming itu nyata," ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga:Rohimah Mantan Istri Kiwil Diam-Diam Lakukan Operasi, Sakit Apa?

Global warming dan pandemi Covid-19, kata Ridwan Kamil, menjadi dua diantara tiga guncangan atau disrupsi yang dihadapi seluruh dunia saat ini.  Termasuk pandemi Covid-19, yang akhirnya mengubah pola hidup seluruh masyarakat di dunia.

"Bapak, ibu yang duduk di sini, dunia ini sedang terguncang oleh tiga guncangan disrupsi. Satu, disrupsi pandemi, mengubah gaya hidup, merugikan ekonomi, membuat adaptasi baru," tandasnya.

Satu guncangan lagi, lanjut Ridwan Kamil, adalah revolusi digital. Dengan alasan tersebut, tegas Ridwan Kamil, kemampuan sumber daya manusia (SDM) terhadap teknologi perlu ditingkatkan. Jika tidak, maka manusia akan tersingkirkan oleh teknologi.

"Kita diguncang oleh revolusi digital. Yang tidak punya skill digital akan ketinggalan, masuk golongan 80 juta pekerjaan golongan yang akan hilang. Tapi revolusi digital juga akan menghasilkan 100 juta definisi baru pekerjaan yang akan hadir, yang akan disambut oleh anak, cucu saya dan anak cucu bapak dan ibu," tandas Ridwan Kamil. (*)

Baca Juga:Pemilu 2024: KPU Nyatakan 4 Parpol Dokumennya Belum Lengkap, Terbaru PDRI

Jabar

Terkini

Keistimewaan produk kerajinan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwakarta mendapat apresiasi dan pujian dari Komandan Kodim (Dandim) 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi. Terutama keunikan, ragam, dan keindahannya.

Purwasuka | 18:11 WIB

Kepala Lapas (Kalapas) Purwakarta, Sopiana menjelaskan, pemusnahan tersebut bukti komitmen Lapas Purwakarta untuk mensterilkan lingkungan lapas dari barang-barang terlarang yang tidak boleh dibawa dan dimiliki warga binaan ke dalam lingkungan lapas.

Purwasuka | 17:43 WIB

Upacara bendera di tengah sawah ini dalam rangka dalam memperingati HUT ke-77 RI.

Purwasuka | 17:38 WIB

Ketahui Kode Redeem CODM 17 Agustus 2022 atau biasa dikenal dengan Call of Duty Mobile.

Ragam | 17:36 WIB

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta Polri segera melakukan penelusuran terkait adanya dugaan anggota lain yang terlibat dalam kasus ini.

Purwasuka | 17:09 WIB

Lokomotif ini mulai dijalankan pada 6 April 1925. Rute yang dijalani mulai dari Tanjung Priok-Meester Cornelis (Jatinegara).

Ragam | 17:03 WIB

Kode Redeem ML 17 Agustus 2022 atau Mobile Legends yang dapat diklaim untuk modal maen bareng (mabar) teman jelang Hari Kemerdekan 17 Agustus 2022.

Ragam | 16:59 WIB

Tiga orang diantaranya dinyatakan langsung bebas bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Purwasuka | 16:31 WIB

Waka Polres Subang memimpin langsung giat vaksinasi Booster di Aula Kantor Kecamatan Pabuaran Subang.

Purwasuka | 16:17 WIB

Ada beberapa Kode Redeem FF 17 Agustus 2022 atau Free Fire yang dapat kalian klaim untuk main bareng (mabar) teman di Hari Kemerdekaan yang ke-77.

Ragam | 16:02 WIB

Hari ini 17 Agustus 2022, Indonesia merayakan hari Kemerdekaan yang ke-77. Alih-alih merayakan momen tersebut di daerahnya, para pemain Persib malah harus berangkat ke Sleman untuk melakoni laga PSS Sleman vs Persib.

Ragam | 15:36 WIB

Pemain muda Persib, Beckham Putra Nugraha tak ikut datang ke Sleman untuk laga lanjutan Liga 1 2022-2023 PSS Sleman vs Persib. Itu terjadi karena dirinya masih dalam pemulihan pasca cedera.

Ragam | 15:23 WIB

Rombongan Persib yang bertolak ke Sleman pada Rabu, 17 Agustus 2022, berkekuatan 22 pemain. Pada saat menghadapi tuan rumah PSS Sleman.

Ragam | 15:11 WIB

Dalam upaya mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polres Subang, Kapolres Subang pimpin giat tes urine secara mendadak.

Purwasuka | 15:06 WIB

Pada momen Kemerdekaan RI kali ini, Persib mengajak para pejuang yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Bandung, untuk bertukar cerita dengan legenda PERSIB, Sutiono Lamso.

Ragam | 14:52 WIB
Tampilkan lebih banyak