Setengah Ton Sampah Dikumpulkan Dari Gunung Pangrango, Relawan: Jangan Tinggalkan Sampah Saat Mendaki

Sukarelawan TNGGP Cianjur, Niko Rastagil menerangkan, aksi bersih-besih ini dilakukan bersama dengan warga, petugas, sukarelawan GPO dan organisasi pencinta alam di Cianjur.

Faqih
Sabtu, 06 Agustus 2022 | 17:47 WIB
Setengah Ton Sampah Dikumpulkan Dari Gunung Pangrango, Relawan: Jangan Tinggalkan Sampah Saat Mendaki
Ilustrasi Sampah (Shutterstock)

CIANJUR - Setengah ton sampah yang berhasil dikumpulkan dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Cianjur oleh sejumlah relawan yang melakukan aksi bersih-bersih. Rerata sampah tersebut berasal dari sisa pendaki yang tak bertanggung jawab.

Sukarelawan TNGGP Cianjur, Niko Rastagil menerangkan, aksi bersih-besih ini dilakukan bersama dengan warga, petugas, sukarelawan GPO dan organisasi pencinta alam di Cianjur.

Kegiatan yang digelar selama satu hari ini berhasil mengumpulkan sebanyak 150 karung sampah dengan berat 500 kilogram. 

"Gabungan sukarelawan melakukan penyisiran mulai dari puncak gunung hingga pintu masuk pendakian. Kita terbagi menjadi beberapa kelompok, sehingga dapat maksimal dalam memunguti sampah yang disisakan pendaki," ujarnya.

Baca Juga:Pendaki Tak Bertanggung Jawab Tinggalkan Ratusan Kilo Sampah di Gunung Gede Pangrango dari Plastik Sampai Celana Dalam

Banyaknya sampah yang berhasil dikumpulkan menandakan bahwa tingkat kesadaran pendaki terutama pemula terhadap kebersihan gunung sangat rendah. Bahkan banyak sampah yang ditemukan mulai dari jalur pendakian hingga puncak gunung dan alun-alun Suryakancana yang di gunakan untuk mendirikan tenda sebelum menuju puncak.

"Berbagai peringatan sudah diberikan saat pendaki melapor di pintu masuk pendakian agar mematuhi semua aturan yang berlaku. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga kebersihan dan keindahan alam yang selalu kita kunjungi, jangan tinggalkan sampah saat mendaki," katanya.

Sementara itu, Humas TNGGP Cianjur, Agus Deni mengatakan perasi bersih kembali akan dilakukan bersama setelah penutupan jalur tanggal 14 sampai 24 Agustus 2022 melibatkan berbagai kalangan, termasuk petugas dan sukarelawan yang selama ini bertugas di pintu masuk pendakian.

"Sukarelawan dan petugas berhasil menurunkan 500 kilogram sampah berbagai jenis saat melakukan operasi kebersihan (opsih) yang diadakan sebelum dilakukan penutupan jalur pendakian. Sebagian besar sampah yang dikumpulkan jenis plastik bekas bungkus mie instan," katanya.

TNGPP, kata Agus Deni, mengimbau agar pendaki tidak meninggalkan sampah apapun jenisnya, termasuk celana dalam yang masih banyak ditemukan karena aturan mewajibkan mereka untuk menjaga kebersihan dan keindahan taman nasional dengan cara tidak meninggalkan sampah sekecil apapun.

Baca Juga:Ada Celana Dalam, 150 Karung Sampah Diturunkan dari Jalur Pendakian di Gunung Gede Pangrango

Jabar

Terkini

Tiga orang diantaranya dinyatakan langsung bebas bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Purwasuka | 16:31 WIB

Waka Polres Subang memimpin langsung giat vaksinasi Booster di Aula Kantor Kecamatan Pabuaran Subang.

Purwasuka | 16:17 WIB

Ada beberapa Kode Redeem FF 17 Agustus 2022 atau Free Fire yang dapat kalian klaim untuk main bareng (mabar) teman di Hari Kemerdekaan yang ke-77.

Ragam | 16:02 WIB

Hari ini 17 Agustus 2022, Indonesia merayakan hari Kemerdekaan yang ke-77. Alih-alih merayakan momen tersebut di daerahnya, para pemain Persib malah harus berangkat ke Sleman untuk melakoni laga PSS Sleman vs Persib.

Ragam | 15:36 WIB

Pemain muda Persib, Beckham Putra Nugraha tak ikut datang ke Sleman untuk laga lanjutan Liga 1 2022-2023 PSS Sleman vs Persib. Itu terjadi karena dirinya masih dalam pemulihan pasca cedera.

Ragam | 15:23 WIB

Rombongan Persib yang bertolak ke Sleman pada Rabu, 17 Agustus 2022, berkekuatan 22 pemain. Pada saat menghadapi tuan rumah PSS Sleman.

Ragam | 15:11 WIB

Dalam upaya mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polres Subang, Kapolres Subang pimpin giat tes urine secara mendadak.

Purwasuka | 15:06 WIB

Pada momen Kemerdekaan RI kali ini, Persib mengajak para pejuang yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Bandung, untuk bertukar cerita dengan legenda PERSIB, Sutiono Lamso.

Ragam | 14:52 WIB

Artis yang sering berpenampila seksi, Maria Vania mengaku pernah ditawar Rp.400 juta untuk menemani pria hidung belang 'berkencan'.

Ragam | 14:46 WIB

Ada yang unik dalam kemeriahan perayaan HUT RI ke-77 di Istana Jakarta tahun ini, ketika sosok biduan cilik bernama Farel Prayoga melakukan aksi unjuk kebolehannya dalam menyanyikan lagu Jawa berjudul 'Ojo Dibandingke'.

Nasional | 14:40 WIB

Artis sekligu Penyayi, Ayu Ting Ting merasa bernostalgia sewaktu kecil saat mengikuti lomba 17 Agustus 2022 di rumahnya.

Ragam | 14:36 WIB

Penyanyi cilik asal Banyuwangi, Farel Prayoga, tiba-tiba menjadi sorotan publik usai membawakan lagu Ojo Dibandingke" di Istana Merdeka.

Ragam | 14:09 WIB

Micellar water ternyata sudah mulai digunakan sebagai pembersih sejak 1990-an di Prancis.

Ragam | 13:57 WIB

Ada banyak tips dan cara membersihkan velg mobil agar jadi bersih. Akan tetapi, tak sedikit orang juga yang salah ketika melakukan hal tersebut.

Ragam | 13:54 WIB

Qushay bin Kilab digelari Mujammi (pemersatu) karena berhasil menyatukan kabilah-kabilah Quraisy di Mekah.

Ragam | 13:47 WIB
Tampilkan lebih banyak