Kenali Penyakit Cacar Monyet, Begini Gejala dan Cara Pencegahannya

Meski di Indonesia belum ditemukan adanya kasus cacar monyet, namun ada baiknya masyarakat tetap mewaspadai penyakit ini.

Faqih
Sabtu, 06 Agustus 2022 | 15:39 WIB
Kenali Penyakit Cacar Monyet, Begini Gejala dan Cara Pencegahannya
Ilustrasi Cacar Monyet (Shutterstock)

PURWASUKA - Penyakit cacar monyet kini tengah menjadi sorotan dunia. Meski di Indonesia belum ditemukan adanya kasus cacar monyet, namun ada baiknya masyarakat tetap mewaspadai penyakit ini.

Pasalnya, organisasi kesehatan dunia atau WHO telah menetapkan wabah cacar monyet sebagai keadaan darurat kesehatan global. Hal ini karena di beberapa negara kasus cacar monyet mengalami peningkatan.

Lalu apa saja gejala dan bagaimana pencegahan dari penyakit cacar monyet ini, berikut penjelasannya. 

Penyakit cacar monyet disebabkan oleh virus bernama monkeypox, dan tergolong penyakit infeksi menular. Diduga pertama kali penyakit ini diketahui dari adanya dua wabah penyakit mirip cacar yang menyerangan kera.

Baca Juga:Kabar Baik! Hasil Pemeriksaan Lesi Kulit Suspek Cacar Monyet Jawa Tengah Dinyatakan Negatif

Adapun penyakit ini ditemukan pada tahun 1958, namun kasus cacar monyet yang menyerang manusia terjadi pada tahun 1970 di Negara Kongo, Afrika Selatan. Namun penyakit ini mendapatkan perhatian global pada tahun 2022 karena menyebar di beberapa negara.

Sejauh ini, belum ditemukan pengobatan khusus untuk penderita penyakit cacar monyet. Pada umumnya, penderita akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu selama 2–4 minggu setelah terinfeksi penyakit ini. Pengobatan yang diberikan hanya bertujuan untuk mengurangi gejalanya saja. 

Meski biasanya gejala cacar monyet tidak terlalu berat, namun penderita sebaiknya tetap melakukan perawatan di rumah sakit. Dakam beberapa kasus yang ditemukan, cacar monyet ini dapat menimbulkan perburukan kondisi dan juga menyebabkan komplikasi, seperti pneumonia dan ensefalitis. 

Hingga saat ini, belum ada vaksin khusus yang dapat diberikan untuk mencegah penyakit cacar monyet. Menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan adalah salah satu langkah yang sangat penting untuk menurunkan risiko tertularnya penyakit ini. 

Pencegahan Cacar Monyet

Baca Juga:Suspek di Jateng Dikonfirmasi Negatif, Kemenkes Sebut Indonesia Nol Kasus Cacar Monyet

Dikutip dari laman Alodokter, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat mencegah terlutarnya cacar monyet: 

- Menghindari kontak langsung dengan hewan yang dicurigai telah terinfeksi cacar monyet 
- Menghindari konsumsi daging hewan liar maupun daging hewan yang tidak dimasak sampai matang 
- Merawat serta mengisolasi penderita cacar monyet hingga ia dinyatakan sembuh guna mencegah penularan yang lebih parah 
- Menerapkan perilaku hidup yang bersih dan sehat, misalnya dengan rajin mencuci tangan dan kaki menggunakan air dan sabun. Terutama saat setelah aktivitas di luar rumah.  
- Menggunakan alat perlindungan diri, contohnya sarung tangan dan juga masker, saat berdekatan dengan penderita cacar monyet 
- Menghindari bepergian ke suatu daerah atau negara dengan jumlah kasus cacar monyet yang tergolong tinggi 

Gejala Cacar Monyet 

Pada manusia, gejala cacar monyet tampak sama seperti gejala cacar air, namun akan lebih ringan. Gejala dimulai dengan badan demam, sakit kepala, nyeri otot, dan juga kelelahan. 

Perbedaan utama gejala cacar air dan cacar monyet yaitu pada penderita akan cacar monyet ini menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening (limfadenopati) sedangkan cacar air biasa tidak. 

Sementara, masa inkubasi cacar monyet ini biasanya berkisar dari 6 sampai 13 hari tetapi dapat pula 5 sampai 21 hari. Selain gejala-gejala tersebut, berikut ini beberapa gejala umum yang akan dirasakan oleh penderita cacar monyet: 

- Sakit kepala
- Demam dengan suhu lebih dari 38,5 derajat C
- Limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening)
- Nyeri otot atau Myalgia
- Asthenia (Daya tahan tubuh menurun)
- Sakit punggung
- Munculnya lesi cacar (benjolan berisi air ataupun nanah pada sekujur tubuh)
- Dalam waktu 1 hingga 3 hari atau kadang-kadang lebih lama setelah munculnya demam, penderita juga akan mengalami ruam, yang umumnya dimulai pada wajah kemudian menyebar ke seluruh bagian lain dari tubuh
- Penyakit ini biasanya akan berlangsung selama 2 hingga 4 minggu
 
Di Afrika sendiri, cacar monyet ini telah terbukti menyebabkan kematian pada 1 dari 10 orang yang positif terinfeksi penyakit tersebut. 

Beberapa langkah pencegahan cacar monyet di atas dapat dilakukan guna mengurangi penularan yang lebih parah. Jika Anda merasa mengalami gejala-gejala di atas, maka segera lakukan pemeriksaan agar diberi obat untuk meredakannya.

Nasional

Terkini

Kepala Lapas (Kalapas) Purwakarta, Sopiana menjelaskan, pemusnahan tersebut bukti komitmen Lapas Purwakarta untuk mensterilkan lingkungan lapas dari barang-barang terlarang yang tidak boleh dibawa dan dimiliki warga binaan ke dalam lingkungan lapas.

Purwasuka | 17:43 WIB

Upacara bendera di tengah sawah ini dalam rangka dalam memperingati HUT ke-77 RI.

Purwasuka | 17:38 WIB

Ketahui Kode Redeem CODM 17 Agustus 2022 atau biasa dikenal dengan Call of Duty Mobile.

Ragam | 17:36 WIB

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta Polri segera melakukan penelusuran terkait adanya dugaan anggota lain yang terlibat dalam kasus ini.

Purwasuka | 17:09 WIB

Lokomotif ini mulai dijalankan pada 6 April 1925. Rute yang dijalani mulai dari Tanjung Priok-Meester Cornelis (Jatinegara).

Ragam | 17:03 WIB

Kode Redeem ML 17 Agustus 2022 atau Mobile Legends yang dapat diklaim untuk modal maen bareng (mabar) teman jelang Hari Kemerdekan 17 Agustus 2022.

Ragam | 16:59 WIB

Aksi pencurian ini terekam kamera pengawas atau CCTV sekolah. Maling beraksi menggasak puluhan komputer sekolah pada Rabu (17/8/2022) dini hari.

Jabar | 16:41 WIB

Tiga orang diantaranya dinyatakan langsung bebas bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Purwasuka | 16:31 WIB

Waka Polres Subang memimpin langsung giat vaksinasi Booster di Aula Kantor Kecamatan Pabuaran Subang.

Purwasuka | 16:17 WIB

Ada beberapa Kode Redeem FF 17 Agustus 2022 atau Free Fire yang dapat kalian klaim untuk main bareng (mabar) teman di Hari Kemerdekaan yang ke-77.

Ragam | 16:02 WIB

Hari ini 17 Agustus 2022, Indonesia merayakan hari Kemerdekaan yang ke-77. Alih-alih merayakan momen tersebut di daerahnya, para pemain Persib malah harus berangkat ke Sleman untuk melakoni laga PSS Sleman vs Persib.

Ragam | 15:36 WIB

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar mengatakan, kedua pelaku perjudian ini ditangkap di wilayah Kelurhan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi.

Jabar | 15:28 WIB

Pemain muda Persib, Beckham Putra Nugraha tak ikut datang ke Sleman untuk laga lanjutan Liga 1 2022-2023 PSS Sleman vs Persib. Itu terjadi karena dirinya masih dalam pemulihan pasca cedera.

Ragam | 15:23 WIB

Rombongan Persib yang bertolak ke Sleman pada Rabu, 17 Agustus 2022, berkekuatan 22 pemain. Pada saat menghadapi tuan rumah PSS Sleman.

Ragam | 15:11 WIB

Dalam upaya mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polres Subang, Kapolres Subang pimpin giat tes urine secara mendadak.

Purwasuka | 15:06 WIB
Tampilkan lebih banyak