Kupas Tuntas Program Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK

Program Monitoring Center for Prevention (MCP) yang digagas KPK bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah bisa melakukan transformasi nilai dan praktik pemerintahan daerah sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang baik.

Yadi
Sabtu, 06 Agustus 2022 | 09:44 WIB
Kupas Tuntas Program Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK
Program Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK.

PURWAKARTA - Program Monitoring Center for Prevention (MCP) yang digagas KPK bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah bisa melakukan transformasi nilai dan praktik pemerintahan daerah sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang baik.

Monitoring Center for Prevention merupakan pelaksanaan dari tugas KPK sebagaimana amanah UU terkait fungsi koordinasi dan monitoring atas upaya-upaya pencegahan korupsi yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

Upaya pencegahan korupsi dari Monitoring Center for Prevention (MCP) berfokus pada perbaikan kelola pemerintahan daerah yang meliputi delapan area intervensi yang meliputi delapan area intervensi, yaitu sebagai berikut;

1. Perencanaan dan Penganggaran APBD

Baca Juga:Pernah Dituntun Syahadat oleh Ustaz Adi Hidayat, Marcella Simon Kini Malah Terlihat Dibaptis

Sektor perencanaan dan penganggaran APBD menjadi salah satu fokus dalam pencegahan korupsi terintegrasi mengingat terkait dengan keuangan daerah karena beberapa titik rawan dalam kegiatan pengelolaan keuangan daerah.

2. Pengadaan Barang dan Jasa

Sektor pengadaan barang dan jasa pemerintah (PBJ) merupakan sektor strategis dan juga terkait dengan keuangan daerah. Dari hasil identifikasi sektor pengadaan barang dan jasa di daerah, diketahui terdapat titik rawan antara lain pada: kelembagaan ULP yang tidak independen, pokja ULP tidak permanen, pelaksanaan PBJ yang tidak transparan; benturan kepentingan dalam pelaksanaan PBJ, dan lainnya.

3. Perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)

Perizinan menjadi salah satu fokus karena merupakan sektor yang terkait dengan pelayanan publik. Melalui perbaikan sektor perizinan diharapkan masyarakat mendapatkan pelayanan publik yang transparan dan akuntabel.

Baca Juga:Tegur Pengendara Mobil Buang Abu Rokok, Wanita Ini Dapat Ancungan Jempol dari Netizen

4. Penguatan Kapasitas APIP

Pengawasan menjadi aspek krusial dalam implementasi program pemberantasan korupsi terintegrasi. Pendampingan, monitoring, dan evaluasi merupakan tugas penting yang dilakukan oleh Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

5. Manajemen ASN

Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemda merupakan sumber kekuatan utama dalam pengelolaan pemerintah daerah yang transparan, akuntabel, dan terhindar dari praktik korupsi. Dari sisi pengelolaan ASN pemda, KPK menemukan masih terdapat beberapa kendala antara lain masih adanya praktik korupsi terkait jual-beli jabatan, maupun penempatan ASN tidak sesuai kebutuhan ataupun kompetensi.

6. Optimalisasi Pajak Daerah

Pengawasan terhadap keuangan daerah tidak hanya pada aspek penggunaan keuangan daerah saja, tetapi juga dari sisi penerimaannya. Penerimaan daerah yang tinggi diharapkan dapat mendukung kemandirian keuangan pemerintah daerah.

7. Manajemen Aset Daerah

Pengelolaan aset sering kurang mendapatkan perhatian dalam tata kelola pemerintahan, padahal aset merupakan sektor strategis dalam pemerintahan. Dari hasil identifikasi yang dilakukan, terdapat titik rawan dalam Manajemen Aset Daerah, antara lain pencatatan dan pengelolaan aset yang tidak transparan dan akuntabel, hingga banyaknya aset yang dikuasai pihak ketiga.

8. Tata Kelola Dana Desa

Dana desa yang menjadi salah satu sektor yang dinilai memiliki potensi korupsi. Dari hasil identifikasi titik rawan korupsi pada tata kelola dana desa, diketahui pengelolaan dana desa masih kurang transparan dan akuntabel serta pengawasannya belum efektif.(*)

Purwasuka

Terkini

Lokomotif ini mulai dijalankan pada 6 April 1925. Rute yang dijalani mulai dari Tanjung Priok-Meester Cornelis (Jatinegara).

Ragam | 17:03 WIB

Kode Redeem ML 17 Agustus 2022 atau Mobile Legends yang dapat diklaim untuk modal maen bareng (mabar) teman jelang Hari Kemerdekan 17 Agustus 2022.

Ragam | 16:59 WIB

Aksi pencurian ini terekam kamera pengawas atau CCTV sekolah. Maling beraksi menggasak puluhan komputer sekolah pada Rabu (17/8/2022) dini hari.

Jabar | 16:41 WIB

Tiga orang diantaranya dinyatakan langsung bebas bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Purwasuka | 16:31 WIB

Waka Polres Subang memimpin langsung giat vaksinasi Booster di Aula Kantor Kecamatan Pabuaran Subang.

Purwasuka | 16:17 WIB

Ada beberapa Kode Redeem FF 17 Agustus 2022 atau Free Fire yang dapat kalian klaim untuk main bareng (mabar) teman di Hari Kemerdekaan yang ke-77.

Ragam | 16:02 WIB

Hari ini 17 Agustus 2022, Indonesia merayakan hari Kemerdekaan yang ke-77. Alih-alih merayakan momen tersebut di daerahnya, para pemain Persib malah harus berangkat ke Sleman untuk melakoni laga PSS Sleman vs Persib.

Ragam | 15:36 WIB

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar mengatakan, kedua pelaku perjudian ini ditangkap di wilayah Kelurhan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi.

Jabar | 15:28 WIB

Pemain muda Persib, Beckham Putra Nugraha tak ikut datang ke Sleman untuk laga lanjutan Liga 1 2022-2023 PSS Sleman vs Persib. Itu terjadi karena dirinya masih dalam pemulihan pasca cedera.

Ragam | 15:23 WIB

Rombongan Persib yang bertolak ke Sleman pada Rabu, 17 Agustus 2022, berkekuatan 22 pemain. Pada saat menghadapi tuan rumah PSS Sleman.

Ragam | 15:11 WIB

Dalam upaya mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polres Subang, Kapolres Subang pimpin giat tes urine secara mendadak.

Purwasuka | 15:06 WIB

Pada momen Kemerdekaan RI kali ini, Persib mengajak para pejuang yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Bandung, untuk bertukar cerita dengan legenda PERSIB, Sutiono Lamso.

Ragam | 14:52 WIB

Artis yang sering berpenampila seksi, Maria Vania mengaku pernah ditawar Rp.400 juta untuk menemani pria hidung belang 'berkencan'.

Ragam | 14:46 WIB

Ada yang unik dalam kemeriahan perayaan HUT RI ke-77 di Istana Jakarta tahun ini, ketika sosok biduan cilik bernama Farel Prayoga melakukan aksi unjuk kebolehannya dalam menyanyikan lagu Jawa berjudul 'Ojo Dibandingke'.

Nasional | 14:40 WIB

Artis sekligu Penyayi, Ayu Ting Ting merasa bernostalgia sewaktu kecil saat mengikuti lomba 17 Agustus 2022 di rumahnya.

Ragam | 14:36 WIB
Tampilkan lebih banyak